Ketahui Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 7 Bulan

Ketahui Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 7 Bulan

Ketahui Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 7 Bulan

Kehamilan menjadi sebuah berita gembira bagi pasangan yang mendambakan memiliki buah hati. Pada awal kehamilan, pasti Anda akan sangat menjaga janin agar kuat hingga ke bulan selanjutnya. Namun apa yang terjadi jika Anda telah memasuki usia kehamilan 7 bulan? Ketika kandungan telah masuk usia ke 7 bulan, janin dalah rahim telah berkembang dan makin matang. Apabila ada kemungkinan janin lahir prematur, maka bayi mampu bertahan hidup setelah usia kandungan 7 bulan.

Saat masa kehamilan 7 bulan paru-paru bayi telah siap bekerja. Bayi juga bisa merespon rangsangan cahaya serta suara dengan gerak yang bisa dirasakan sang Ibu. Selain itu telinga bayi juga sudah bisa berfungsi untuk mengenali suara Ibu sehingga sering-seringlah ajak janin bicara dan bernyanyi sebagai bentuk komunikasi antar Ibu dan bayi. Rambut pada bayi juga mulai tumbuh, begitu juga dengan alis dan bulu mata. Mata yang sebelumnya hanya mampu tertutup, kini telah dapat terbuka. Pada periode ini bayi umumnya memiliki tinggi badan 36 cm dan berat 900 gram hingga 1800 gram.

Pada masa-masa ini, Ibu hamil juga telah merasakan perubahan karena bentuk tubuh yang makin besar dan berat bertambah. Selain itu Ibu hamil juga lebih mudah lelah dan kaki menjadi bengkak. Untuk itu terapkan tips berikut jika kandungan telah mencapai 7 bulan:

  1. Konsultasi dengan dokter tiap 2 minggu sekali demi monitor perkembangan janin.
  2. Tidurlah dengan menghadap ke kiri agar peredaran darah tetap lancar.
  3. Makanlah dengan teratur dan pilih menu sehat dan bernutrisi.

Tak hanya itu, mulailah persiapkan segala perlengkapan kelahiran apabila telah memasuki usia kehamilan 7 bulan. Jagalah tubuh Anda dengan mengikuti kelas senam Ibu hamil agar proses melahirkan semakin lancar dan tubuh Ibu hamil juga lebih fit. Tambah asupan nutrisi dengan konsumsi susu yang mengandung banyak gizi dan vitamin yang dibutuhkan Ibu dan janin. Susu telah lolos uji klinis dan BPOM sehingga telah terbukti kualitasnya. Pastikan minum susu 2 kali sehari untuk kesehatan Ibu dan janin.

Sumber : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/ini-3-cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat

Share