Ups! Ini Dia Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Menata Dapur Minimalis

Ups! Ini Dia Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Menata Dapur Minimalis

Memiliki dapur yang luas dengan peralatan serba komplit mungkin menjadi impian hampir setiap ibu rumah tangga. Namun dengan luas bangunan/rumah yang masih harus dibagi dengan ruangan lain, membuat dapur anda harus kebagian ruangan yang kecil atau sempit. Cara untuk mengakali hal ini adalah dengan menata dapur dengan gaya minimalis. Gaya minimalis diminati banyak orang karena desainnya yang sederhana namun tetap elegan sehingga memberi kesan yang cukup luas pada ruangan kecil sekalipun. Meskipun banyak tips dan tutorial yang dapat anda temui mengenai cara menata dapur minimalis, ada beberapa hal yang harus anda hindari dalam menata dapur dengan gaya yang anda pilih ini, diantaranya:

1. Membeli Barang Yang Hanya Dipakai Sesekali Saja

Panci aluminium full set yang berisi 18 buah sedang diskon, plus spatula dan buku resep, beli nggak ya? Jangan! Pikirkan lagi, apakah anda memang membutuhkan keseluruh 18 pieces panci tersebut? Ceret beserta 10 gelas juga sedang miring harganya. Mungkin karena harganya sedang murah, anda mempertimbangkan, bisa untuk masak-masak kalau ada acara pengajian, atau ada pesta di rumah. Tapi seberapa sering anda mengadakan acara seperti ini? Jika hanya sekali setahun dan anda tidak memiliki tempat penyimpanan lain seperti gudang, lebih baik urungkan dulu deh niatnya. Beberapa panci ukuran besar dijamin akan menata dapur minimalis anda menjadi maksimalis.

2. Lapar Mata Melihat Item-Item Dapur “Lucu”

Online shopping dan media sosial memang sering membuat ibu rumah tangga ketagihan untuk membeli barang-barang seperti piring, gelas, sendok dan garpu, sarung galon, tutup saji, dan item-item lain dengan desain warna ataupun model terbaru. Tapi, coba anda hitung. Sudah berapa botol untuk isi ulang Sunlight yang anda punya? Bentuk hello kitty sudah ada, bunga matahari juga sudah ada, anda yakin masih mau menambah yang bentuk jerapah lagi? Sudah berapa banyak piring anda yang tidak terpakai? Mulai dari motif binatang hingga bunga anda punya, kalau sudah lebih dari satu lusin yang tidak terpakai, sudah tandanya anda menghemat pengeluaran dan space dapur.

3. Terlalu Banyak Memasang Aksesoris Dan Wallpaper Yang Bercorak Rumit Dan “Ramai”

Sama seperti item dapur yang lucu, aksesoris seperti jam, stiker, papan menu, tempelan kulkas, dan lain-lain juga selalu saja ada yang baru. Jadi, sampai kapanpun pasti akan ada yang anda belum punya. Menambahkan aksesoris terlalu banyak, misalnya lebih dari 5 akan membuat dapur malah kelihatan sempit, dan kesederhanaan dari gaya minimalis akan hilang. Misalnya, pertama anda membeli sabuk pegangan kulkas, berikutnya sticker untuk bagian bawah, berikutnya tempelan kulkas, di sampingnya juga anda tempel papan menu, banyak sekali ya? Padahal tidak ada aksesoris juga kulkas tetap berfungsi. Untuk itu, selalu ingat bahwa menata dapur minimalis berarti menata dapur sesederhana mungkin.

4. Jarang Membersihkan Dapur

Kalau yang satu ini WAJIB dihindari ya. Baik dapur minimalis maupun yang besar, tetap harus dijaga kebersihannya. Dengan memiliki dapur minimalis, itu berarti tong sampah di dapur anda juga ikut minimalis, hanya bisa menampung sedikit sampah. Ruang gerak yang tidak luas juga seringkali membuat masakan anda terciprat kemana-mana. Kalau sudah begini, dapur tidak nyaman lagi untuk digunakan. Dalam mengihndarinya, anda harus sering membuang sampah, dan tidak lupa membersihkan tempat cucian piring, kabinet, serta keramik/wallpaper dinding dapur dengan Sunlight.

Share