Tips Pertukaran Pelajar Dari IPB

Tips Pertukaran Pelajar Dari IPB

Sudah tak bisa dipungkiri lagi jika IPB (Institut Pertanian Bogor) menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia. Ini karena IPB sudah menyumbangkan berbagai prestasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Karena segudang prestasinya ini, wajar saja jika banyak mahasiswanya banyak yang ditawari untuk melakukan pertukaran pelajar. Tentu semua mahasiswa ingin memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti pertukaran pelajar. Apakah Anda salah satu diantaranya? Jika memang begitu, lebih baik baca informasi berikut mengenai tips pertukaran pelajar ala mahasiswa IPB.

Untuk bisa melakukan pertukaran pelajar, tentunya Anda harus mempersiapkan segala keperluannya dengan baik. Misalnya dengan berusaha keras untuk bisa mendapatkan nilai terbaik dalam setiap mata kuliah. Selain itu Anda juga harus bisa mahir dalam menggunakan bahasa asing. Hal ini juga harus dibuktikan dengan adanya sertifikat bahasa dari pihak penguji. Disarankan Anda juga harus aktif dalam kegiatan kampus. Tak hanya kegiatan akademik saja tetapi juga kegiatan non akademik seperti kegiatan UKM di dalam kampus ataupun sebagainya. Wajar saja karena untuk bisa lolos dalam pertukaran pelajar Anda juga harus memiliki softskill. Bisa berupa softskill berbicara di depan umum maupun softskill kepemimpinan.

Setelah itu ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa ini. Antara lain :

  • Anda bisa membaca informasi dari majalah dinding yang ada.
  • Membuka website yayasan yang memfasilitasi pertukaran pelajar.
  • Sering mendatangi pameran pendidikan dengan tujuan untuk mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar.
  • Anda juga sangat disarankan untuk bisa mencari tahu dari senior yang sudah berangkat pertukaran pelajar lebih dulu.

Itulah beberapa tips yang didapatkan dari beberapa mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Setelah mencari informasi dari mading kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) ataupun dari tempat lain segera saja catat segala persyaratannya. Setelah itu kumpulkan berkas dan ikuti segala seleksi yang diadakan oleh pihak terkait. Jangan lupa untuk mempersiapkan segalanya sebaik mungkin. Misalnya dengan mempersiapkan kemampuan akademik maupun penguasaan bahasa asing. Demikian informasi ini dan semoga bisa bermanfaat.

Share