Tips Merawat Motor Kesayangan Agar Awet dan Terlihat Bagus

Tips Merawat Motor Kesayangan Agar Awet dan Terlihat Bagus

Motor merupakan jenis kendaraan yang paling banyak dimiliki, hal ini karena selain dianggap paling efektif juga karena harganya yang tergolong murah jika dibandingkan dengan sebuah mobil. Kendaraan ini juga menjadi kendaraan yang tepat dalam menembus kemacetan lalu lintas walaupun salah satu sebab kemacetan adalah banyaknya jumlah motor yang ada di jalan raya. Berbagai jenis motor tersedia di pasaran mulai dari motor sport, motor bebek hingga motor mati. Semua jenis motor ini tersedia dalam berbagai merek yang memiliki keunggulan masing-masing.

Tentunya semua orang yang memiliki motor ingin motor miliknya selalu dalam kondisi yang baik. Hal tersebut tentunya hanya akan terjadi jika pemilik motor tersebut melakukan perawatan terhadap kendaraan bermotornya. Perawatan tersebut seperti selalu mengecek bagaimana kondisi tekanan angin dari ban motor. Atau juga dengan mengecek terlebih dahulu masih ada apa tidaknya bahan bakar dalam tangki motor tersebut. tekanan angin berguna dalam memudahkan putaran roda sehingga kerja mesin lebih ringan. Pastikan jika motor tersebut tidak kehabisan bahan bakar karena selain tidak akan dapat berfungsi juga karena mengurangi kinerja mesin.

Perawatan lainnya yang juga harus dilakukan adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan, dalam hal ini adalah dengan rajin mencucinya. Dengan mencuci adalah salah satu tindakan pencegahan terhadap korosi yang terjadi. Dengan memastikan kebersihan juga akan menjaga kondisi motor secara keseluruhan terutama dari debu yang dapat merusak. Tips lainnya yang harus dilakukan agar mesin motor semakin awet dan bekerja dengan baik adalah sebagai berikut:

1. Mengganti oli.

2. Servis di bengkel.

Oli dibutuhkan mesin dalam memperlancar kinerjanya, sehingga sangat penting untuk selalu rutin mengganti oli pada mesin motor Anda agar kinerjanya semakin bagus. Gantilah oli setidaknya dua bulan sekali baik dilakukan sendiri atau di bengkel. Selain itu juga harus rutin di servis, hal tersebut harus dilakukan di bengkel motor berkualitas, dalam hal ini adalah bengkel dengan montir yang pengetahuan akan mesin bermotor yang bagus. Sehingga motor tetap dalam kondisi yang baik walaupun bukan merupakan motor baru.

Share