Tips Menghindari Penyakit Katarak

Penyakit Katarak

Menghindari Penyakit Katarak

Tips Menghindari Penyakit Katarak

Penyakit katarak merupakan salah satu penyakit mata yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat terutama kaum lanjut usia di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh faktor usia yang membuat beberapa fungsi organ termasuk mata menurun dan lebih mudah terserang gejala penyakit. Maka dari itu, orang yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas lebih . rentan dan beresiko terkena penyakit katarak. Penyakit katarak membuat penglhatan mata menjadi terganggu. Penyakit iniditandai dengan kondisi kornea mata dan pupil tertutupi selaput berwarna putih yang menghalangi penglihatan mata. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit katarak seperti pola hidup di masa muda yang tidak sehat, konsumsi alkohol, merokok, kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi, serta paparan cahaya matahari yang secara langsung mengenai mata. Akan lebih baik jika Anda menghindari faktor penyebab di atas dengan melakukan beberapa tips pencegahan di bawah ini.

Tipspencegahan pertama ialah berhenti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan tetapi perhatikan jumlah kandungan gizi pada makanan tersebut. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan mata dan hindari rokok serta jauhi alkohol. Tips selanjutnya ialah lindungi mata Anda dari cuaca panas dan berdebu. Sayangi dan lindungi mata Anda saat berada di jalanan yang terdapat banyak sekali debu, polusi dan sengatan matahari yang terlalu ekstrim. Gunakan kacamata ultraviolet atau kacamata gelap untuk melindunginya dari cahaya matahari langsung. Tips lainnya ialah menjaga kadar gula darah agar tetap stabil karena kadar gula darah yang tinggi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit katarak.

Untuk mendeteksi penyakit katarak sejak dini, sebaiknya periksakan mata Anda secara teratur agar mendapat penanganan yang tepat. Pencegahan dan penanganan yang dilakukan di awal akan membantu Anda untuk lebih mudah menyembuhkan penyakit ini. Butuh kesadaran dari setiap individu akan pentingnya menjaga kesehatan mata dan organ tubuh lainnya. Untuk itu, mulailah menjalankan pola hidup yang sehat untuk masa tua yang lebih baik.

Share