Tips mengatasi diabetes pada ibu hamil

Tips mengatasi diabetes pada ibu hamil

Tips mengatasi diabetes – Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini terjadi diakibatkan karena sel-sel pada bagian pankreas mengalami kerusakan yang mengakibatkan hormon insulin tidak dapat diproduksi secara normal. Padahal hormon insulin berperan penting dalam mengatur kadar gula di dalam darah. Apabila hormon insulin berkurang maka secara otomatis kadar gula di dalam darah akan meningkat.

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapapun mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua bahkan ibu hamil. Pada ibu hamil kondisi ini disebut dengan diabetes gestasional. Apabila tervonis menderita diabetes pada masa kehamilan maka harus berhati-hati karena calon bayi yang sedang dikandung dapat beresiko terkena penyakit diabetes tersebut. Tips mengatasi diabetes pada ibu hamil yang dapat dilakukan antara lain :

1. kurangnya asupan gula

Pada dasarnya konsumsi makanan manis membuat kadar gula di dalam darah semakin meningkat. Terlebih apabila telah mengalami penyakit diabetes pada masa kehamilan, maka sangat penting untuk mengurangi konsumsi gula atau makanan manis lainnya agar kadar gula di dalam darah tetap terkontrol dengan baik.

2. Perhatikan asupan karbohidrat

Karbohidrat pada penderita diabetes pada saat kehamilan tidak dapat dicerna secara baik oleh organ pankreas menjadi energi. Oleh sebab itu saat mengalami diabetes gestasional akan sangat penting apabila mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi. Asupan karbohidrat dapat diganti dengan konsumsi bahan lainnya seperti gandum.

3. Konsumsi protein

Pada penderita diabetes mereka akan mengalami lonjakan gula darah yang sangat tinggi. Untuk mengatasi lonjakan tersebut maka dapat diatasi dengan konsumsi makanan yang mengandung protein sebagai tips mengatasi diabetes pada ibu hamil.

4. Konsumsi makanan berserat

Mkanan berserat sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak pada ibu hamil yang menderita diabetes gestasional. Hal tersebut dikarenakan makanan berserat mampu menetralisir kadar gula darah secara baik.

5. Sarapan rutin setiap hari

Apabila tidak sarapan pagi maka dapat menyebabkan kadar asam lambung meningkat. Sehingga membuat metabolisme menjadi terganggu. Terutama pada ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional, maka akan menyebabkan metabolisme gula dalam tubuh menjadi semakin parah. Untuk itu sangat disarankan untuk sarapan pagi secara rutin agar kadar gula dalam darah dapat berangsur-angsur normal.

Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Pagi Hari

Share