Tips Lolos Interview Kerja dengan Mudah

Tips Lolos Interview Kerja dengan Mudah

Mencari pekerjaan tentu bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, saingan di dunia kerja sangatlah ketat sehingga diperlukan tips lolos interview kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan ketika melakukan interview. Sesi interview dalam proses seleksi bekerja memang menjadi tahap yang paling menentukan. Untuk itu, dalam sesi ini tentunya diperlukan banyak persiapan yang matang agar penilai bisa melihat potensi yang ada pada diri anda. Dalam sesi interview, tak ada salahnya anda menyombongkan diri atas segala achievement dan potensi yang anda miliki karena hal ini tentunya akan menjadi poin ketertarikan pencari kerja pada calon pekerjanya kelak.

Tips tips lolos interview kerja yang pertama adalah, cari tahu terlebih dahulu jenis pekerjaan seperti apa yang sedang dicari. Apakah posisi yang mengharuskan anda bekerja dibawah instruksi? Atau justru posisi yang mengharuskan pekerjanya bekerja dengan kreatif dan penuh inisiatif? Jika anda sudah tahu posisi yang sedang dicari, maka sesuaikan kebutuhan tersebut dengan attitude ketika melakukan interview. Misalnya, jika anda melamar pekerjaan sebagai seorang kreatif di perusahaan periklanan, maka usahakanlah untuk berbicara dengan penuh semangat dan perbanyak portofolio karya kreatif yang sudah pernah anda buat. Sementara itu untuk pekerjaan yang cenderung kaku dan instruktif, usahakan berbicara dengan bahasa formal.

Ketika anda merasa grogi saat akan masuk ke ruang interview, coba tenangkan terlebih dahulu fikiran anda. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan, atau jika perlu lakukan aktivitas yang bisa membuat anda rileks, seperti mendengarkan musik klasik, atau sekedar menarik nafas panjang, hembuskan dan lakukan hal tersebut selama beberapa kali. Dengan demikian maka akan membantu mengurangi rasa nervous ketika interview. Tips terakhir agar bisa lolos ketika melakukan interview kerja adalah, make a good first impression. Berikan kesan baik saat anda pertama masuk ke ruang interview agar anda selalu diingat oleh penguji. Perbanyak senyum, sapa, usahakan untuk selalu ramah dan jangan lupa perhatikan pula penampilan anda. Gunakan pakaian semi formal yang rapi dan wangi dalam tips lolos interview kerja.

Baca juga: 4 Wisata Surga di Pulau Madura

 

Share