Tips Dan Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal

Tips Dan Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal

Bakso memang sudah menjadi makanan yang disukai oleh setiap orang laki-laki atau perempuan, dewasa atau anak-anak pasti menyukai yang namanya bakso. Dalam proses pembuatannya pun tergolong cukup mudah karena dapat dibuat dengan berbagai variasi dan bahan yang kita sukai. Misalkan dapat membuatnya dari bahan ikan, daging sapi, ataupun daging ayam. Namun bagi anda yang coba membuatnya di rumah terkadang mendapatkan baso yang kurang kenyal atau keras ketika dimakan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang menyebabkan bakso tersebut menjadi keras.

Oleh karena itu penting diperhatikan bagaimana bahan-bahan yang digunakan sebagai bakso, bumbu, serta kompisisinya. Dan disini kami akan membahas khusus mengenai tips dan resep membuat baksonya saja, tetapi bakso yang dihasilkan memiliki kekenyalan yang pas dan tentunya rasa yang enak. Oleh karena itu sebelum anda membuat bakso di rumah perhatikanlah hal-hal berikut ini:

  1. Saat memilih daging untuk dibuat bakso maka pilihlah daging yang sudah bersih dari lemak-lemaknya. Kalaupun masih ada lemak anda dapat membuangnya dengan pisau atau sebagainya.
  2. Haluskan daging dengan benar-benar halus, lebih baik anda menggunakan mesin giling daging untuk proses ini, karena jika dalam proses ini masih terdapat serat-serat pada daging, atau daging masih kasar. Maka akan menghasilkan bakso yang yang permukaannya berbintil-bintil dan tidak kenyal saat dimakan.
  3. Saat menggiling daging campurkan air es, air es berfungsi dalam mengikat serat daging sehingga bakso menjadi kenyal.
  4. Memasukan baking powder atau telur saat menggiling, hal ini bermanfaat dalam menaikan pH bakso sehingga bakso menjadi padat, kenyal dan juga elastis.
  5. Bentuk adonan bakso dengan tangan anda yaitu terlebih dahulu membasahi jari-jari anda dengan air es. Hal ini berguna dalam memudahkan anda mengeluarkan adonan bakso dari tangan anda.
  6. Ketika adonan bakso sudah anda bentuk bulat-bulat pada tangan anda, maka langkah selanjutnya yaitu masukan bulatan bakso tadi ke dalam air panas. Harus diingat bahwa bakso tidak boleh langsung direbus, tetapi biarkan dulu sejenak di air yang panas. Setelah itu bakso baru di rebus dalam api kecil, usahakan airnya tidak sampai bergolak atau mendidih. Hal ini diperlukan agar bakso yang dibuat menjadi kenyal. Saat bakso sudah mulai terapung lalu lanjutkan merebusnya hingga matang.
  7. Bakso yang lezat tentunya akan berkaitan dengan yang namanya bumbu. Dalam bumbu untuk bakso seperti biasa anda dapat menggunakan lada atau merica, kaldu sapi bubuk, atau bawang putih goreng dalam kuah basonya. Selain membuat bakso lebih nikmat dengan bumbu ini juga dapat membuat putra-putri anda lebih menyukainya.

Demikian tips-tips dalam membuat resep bakso yang enak dan kenyal. Anda dapat mencobanya di rumah sebagai bekal awal anda dalam membuat bakso.

Share