Tips Belanja Online dengan Mengenali Pedagang yang Jujur

Tips Belanja Online dengan Mengenali Pedagang yang Jujur

Kita harus jeli melihat perbedaan pedagang online yang jujur dan penipu. Memang terkadang kelihatan sama, bahkan penipu lebih meyakinkan. Dari cara komunikasi sudah bisa dilihat. Berikut ini ada tips belanja online agar anda tidak ditipu oleh pedagang kurang bertanggung jawab. Simak dan lakukan setiap order barang di dunia maya.

Tanyakan Detail Barang
Sebelum membeli sebuah produk, sebaiknya tanyakan dulu detail barangnya. Misalnya ukuran, panjang lengan, kalau zat cair berapa ml, khasiat, dan masih banyak lainnya. Inti dari pertanyaan anda adalah untuk mengetahui apakah pedagang tersebut menguasai produk yang ditawarkannya. Kalau jawabannya aneh, misalnya parfum beralkohol isinya 10 ml mungkin ia sedang menipu.
Pertanyaan tentang detail barang juga harus dilakukan secara jeli. Misalnya anda menanyakan berapa lebar barang untuk tas (utamanya bermerk), kemudian bandingkan dengan aslinya. Kembangkan pertanyaan tersebut seperti penyelidik sebagai strategi belanja online yang aman.

Tanyakan Harga
Menanyakan harga dan coba tawarlah. Bandingkan dengan harga di tempat lain. Anda bisa menjalin komunikasi dengan pedagang online yang menipu untuk mendapatkan kelemahannya. Pedagang yang asli mungkin sudah menetapkan harga pas dan tidak bisa ditawar kecuali untuk barang grosir. Apalagi bila barang dari unilever yang tidak melakukan tawar menawar. Kalau pedagang penipu, mungkin mau saja ditawar karena mereka ingin uang anda tanpa barang. Daripada tidak mendapatkan pelanggan lebih baik diberikan dengan harga murah.
Nah, kalau anda berhasil menawar dengan harga yang rendah, coba yakinkan lagi apakah ia menipu atau tidak. Tips belanja online ini sangat penting. Pedagang jujur biasaya paham tentang detail barang dan bisa memberikan alasan logis tentang harga yang diberikan.

Cari Alamatnya
Coba katakan padanya untuk bertemu langsung di toko yang ditunjuk. Kalau dia pedagang yang benar, pastinya mau menerima anda dengan senang hati karena ia tidak perlu transfer barang. Tapi pedagang yang tidak jujur justru akan menolak pertemuan dengan berbagai alasan atau memberikan alamat yang tidak jelas. Jadi, hindari saja pedagang yang alamatnya tidak jelas atau memberikan alasan kalau mau didatangi. Strategi belanja online ini cukup jitu.

Share