Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Sekarang ini banyak pedagang online yang melakukan penipuan. Hal ini tentu meresahkan masyarakat yang ingin berbelanja secara praktis lewat jalur online. Tapi perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua pedagang online itu nakal dan melakukan penipuan. Banyak juga pedangan yang jujur dan memberikan barang seperti pesanan. Nah, berikut ini ada tips belanja online agar tidak tertipu.

Harga Normal
Penjual yang menawarkan barang terlalu murah mungkin melakukan penipuan kepada anda. Sebenarnya barang tersebut tidak ada dikatakan ada barangnya. Untuk menghindari hal ini, curigalah pada pedagang online yang menjual barang murah untuk merk mahal. Apalagi bila harganya hingga puluhan dan ratusan juta atau belanja banyak kebutuhan sehari-hari dari unilever. Lebih baik bayar di tempat kalau memang anda ragu.

Kenali Pedagangnya
Belanja online lebih aman bila dilakukan bersama orang yang sudah dikenal atau setidaknya teman anda mengenalnya. Teknik belanja online yang aman ini untuk mencegah penipuan dari orang yang tidak dikenal. Pada awalnya masih berkomunikasi dengan lancar, tapi setelah uang ditransfer hilang begitu saja. Anda sangat dirugikan dalam hal ini.

Beli Sedikit Dulu
Jangan langsung belanja banyak barang untuk toko online yang baru anda kenal. Belilah beberapa barang dengan nominal kecil dulu. Kalau sudah tahu kualitasnya baru membeli dalam jumlah tinggi. Ini adalah cara meyakinkan diri terhadap pedagang yang baru dikenal.

Perhatikan Promosinya
Promosi berlebihan terkadang justru mengidentifikasi kalau dia sebenarnya tidak punya barangnya. Promosi gaya seperti ini diharapkan dapat menggaet pelanggan baru yang belum mengerti benar jualan online. Oleh sebab itu, tips belanja online berikutnya adalah perhatikan teknik promosinya. Kalau masih masuk akal mungkin ia pedagang jujur.

Perhatikan Percakapan dengan Pelanggan
Lalu lintas perdagangan dengan klien, misalnya komunikasi dengan banyak orang di facebook, testimoni dari banyak pelanggan, dan jawaban pedagang yang teratur menandakan kalau memang ada akses jual beli di tempat tersebut. Tapi jika anda melihat komunikasinya dengan orang yang itu-itu saja dan testimoninya dari akun tidak jelas sebaiknya dihindari saja. Ini teknik belanja online yang terakhir untuk menyelamatkan uang anda.

Share