Sudah Tahu Bagaimana Seleksi SNMPTN di IPB?

Sudah Tahu Bagaimana Seleksi SNMPTN di IPB?

IPB (Institut Pertanian Bogor) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasi di kawasan Bogor. Setiap tahunnya kampus ini selalu saja dipenuhi dengan ribuan pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa disana. Ada banyak jalur yang bisa ditempuh untuk bisa masuk menjadi salah satu mahasiswa disini. Salah satunya adalah jalur SNMPTN. Jalur pendaftaran ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan bisa diikuti oleh calon pendaftar yang sekolahnya sudah terdaftar dalam PDSS.

Kuota sebanyak 40% dari total daya tampung disediakan oleh kampus Institut Pertanian Bogor ini. Mahasiswa yang diterima lewat jalur ini terpilih karena prestasinya. Selain prestasinya penerimaan mahasiswa disini juga berdasarkan penilaian lain juga. Misalnya saja berdasarkan akreditasi dari sekolah asal. Berikut ini adalah presentase penerimaan mahasiswa IPB jalur SNMPTN yang didasarkan dari akreditasi sekolah asal:

  • 75% calon mahasiswa dari sekolah menengah berakreditasi A.
  • 50% calon mahasiswa dari sekolah menengah berakreditasi B.
  • 20% calon mahasiswa dari sekolah menengah berakreditasi C.

Setelah sekolah terdaftar di PDSS, maka Anda harus melakukan pengisian berbagai data yang diperlukan. Mulai dari data nilai rapor, prestasi dan masih banyak lagi. Isilah data tersebut secara jujur dan benar apa adanya. Karena jika mengisikan data yang palsu Anda bisa dikenakan sanksi berupa diskualifikasi dari proses pendaftaran SNMPTN ini. Selain itu untuk bisa mendaftar di IPB lewat jalur ini, Anda juga harus memiliki keadaan fisik sehat sehingga mampu menempuh pendidikan disana.

Apabila seluruh data sudah terisi dengan baik, selanjutnya Anda bisa memilih jurusan yang tersedia di IPB (Institut Pertanian Bogor). Namun sebelum memilih, lebih baik Anda mengetahui presentase passing grade setiap jurusan terlebih dahulu. Ini dimaksudkan untuk mencari peluang agar Anda mudah diterima di IPB. Tak ada salahnya juga untuk mengkonsultasikan pemilihan jurusan ini kepada orang tua dan guru bimbingan konseling di sekolah Anda. Terpenting adalah jurusan yang Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Soal prospek ke depan tak perlu khawatir karena hampir seluruh lulusan IPB memiliki prospek masa depan yang cerah.

Share