Profil Himawan Arief Sugoto,Chief Executive yang Mengangkat Perumnas

Himawan Arief Sugoto – Perumnas adalah developer yang bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun rumah dalam program sejuta rumah. Salah satu yang berjasa membuat Perumnas dapat menjadi pengembang yang terpercaya adalah Himawan Arief Sugoto. CEO dari Perumnas tersebut lahir pada tanggal 27 April 1963 di Solo. Pria Solo tersebut merupakan sarjana dari ITB jurusan Teknik Sipil pada tahun 1990 dan mendapatkan gelar S2 yaitu Master project management pada tahun 2001 di Universitas Indonesia dengan predikat cumlaude.

Karier Himawan Arief Sugoto

Sebelum menjadi direktur utama dari Perum Perumnas di tahun 2007, Himawan Arief Sugoto pernah menjabat sebagai seorang drainage engineer untuk proyek botabek dari PT. Lenggogeni, menjadi Chief operating officer di tahun 2000 di PT. Prosys Bangun Nusantara serta di tahun 2000 hingga 2007 menjadi presiden direktur di Prosys Bangun Persada.

Pada masa pemerintahan dari Himawan, Perumnas dirubah secara besar-besaran untuk meningkatkan kinerja dari perum tersebut dalam penyediaan hunian untuk rakyat terutama saat Presiden Jokowi mulai mencanangkan pembangunan Sejuta Rumah untuk masyarakat di Indonesia. Hermawan dan Perumnas mempunyai visi untuk menyediakan rumah yang terjangkau untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Walaupun sebagian besar rumah berada di wilayah pulau Jawa, namun, Hermawan mampu membuat perumnas kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Di masa kepemimpinan dari Himawan Arief Sugoto pada tahun 2007 menjadi direktur utama di Perumnas, pembuktian pembangunan 1000 tower pada masa kepemimpinan SBY dilakukan. Masalah yang dialami Perumnas adalah masalah positioning perusahaan yang membingungkan masyarakat untuk Perumnas akan di bawa kemana. Dari hal tersebut, akhirnya Himawan menegaskan kembali jika peran Perumnas di Indonesia adalah pelaku utama untuk menyediakan kebutuhan hunian untuk masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Terdapat beberapa cara transformasi yang dilakukan misalnya dengan memanfaatkan kepemilikan lahan yang lebih dari 2000 ha. Perumnas juga bekerja sama dengan bank, BUMN serta instansi lainnya untuk membangun dan mengembangkan Perumnas. Setahap demi setahap, Himawan berhasil untuk mengembalikan peran dari Perum ini di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Pencetus Proyek Rumah Murah di Indonesia

Di era yang modern dan berkembang seperti sekarang ini, rumah menjadi salah satu komoditi yang sangat mahal. Apalagi jika lokasinya berada di kota besar, mungkin hanya kalangan atas saja yang bisa mendapatkannya. Lantas bagaimana dengan kalangan bawah? Tentu saja akan semakin kesulitan untuk mendapatkan bukan? Namun sekarang ini mungkin kalangan menengah ke bawah sudah bisa lebih lega. Mengingat pemerintah sedang mencanangkan proyek rumah murah Perumnas yang dicetuskan oleh Himawan Arief Sugoto selaku direktur utama Perumnas.

Beberapa dari Anda mungkin belum familiar dengan Himawan Arief Sugoto bukan? Beliau ini merupakan direktur utama dari perusahaan milik negara yakni Perumnas. Lewat tangan dinginnya sekarang ini Perumnas menjadi salah satu perusahaan BUMN yang cukup berkembang. Apalagi setelah beliau mencetuskan rumah murah untuk masyarakat. Pencetusan rumah murah ini ternyata dilatar belakangi dari sulitnya mencari rumah yang layak sekarang ini. Wajar saja sekarang ini hampir seluruh pengembang rumah lebih menjual produk mereka untuk kalangan menengah keatas karena jauh lebih menguntungkan.

Sebagai pencetus rumah murah, ternyata Himawan Arief ini memiliki berbagai macam solusinya. Beberapa solusi untuk rumah murah yang beliau cetuskan adalah seperti berikut:

  • Membangun rumah murah hingga ke seluruh pelosok nusantara. Diharapkan dengan cara ini rakyat Indonesia dapat memperoleh rumah tinggal yang lebih layak.
  • Memberikan rumah dengan harga murah tapi kualitasnya dapat bersaing.
  • Membangun kawasan perumahan murah di tempat yang strategis dan memiliki akses yang memadai. Hal ini dimaksudkan agar mobilisasi masyarakat bisa lebih mudah dan tanpa hambatan.

Itulah berbagai macam solusi yang diberikan Himawan Arief untuk gagasan rumah murah yang dicetuskannya.

Gagasan rumah murah ini rupanya disetujui oleh pemerintah. Seperti yang sudah dilihat sekarang ini, sudah banyak perumahan murah yang dibangun hingga ke seluruh pelosok nusantara. Untuk melancarkan proses pembangunannya, ternyata Himawan Arief Sugoto juga mengajak beberapa partner dari dalam ataupun luar negeri. Partner yang diajak untuk mensukseskan program rumah murah ternyata juga tidak sembarangan.

 

Share