Manfaat Perencanaan Keuangan & Langkah Membuatnya Menjadi Mudah

Manfaat Perencanaan Keuangan & Langkah Membuatnya Menjadi Mudah

Manfaat Perencanaan Keuangan

Uang memang bukan segalanya, namun ketika terjadi masalah keuangan pada hidup kita tentu tidak akan menyenangkan. Agar kondisi keuangan tetap baik, perencanaan keuangan merupakan hal yang tepat dilakukan. merencanakan keuangan memang sebuah hal yang memang perlu dilakukan oleh setiap orang. Bahkan sedini mungkin kita sudah harus belajar tentang cara mengelola keuangan pribadi kita. Misalnya saat kita menginjak usia remaja dan sudah diberi jatah uang jajan bulanan oleh orangtua. Rencana uang sederhana tentu sudah bisa kita lakukan. Apalagi ketika kita sudah mulai bekerja dan hidup mandiri atau mulai membangun rumah tangga. Merencanakan keuangan dengan baik akan membuat urusan keuangan kita menjadi lebih teratur.

Perencanaan keuangan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini dan juga untuk masa depan. Kehidupan masa kini akan lebih tertata dengan kebutuhan yang terpenuhi karena pengaturan keuangan yang baik. Kemudian kehidupan masa depan menjadi jelas target-targetnya. Berbagai keinginan kita bisa direncanakan dengan baik kapan dan bagaimana kita memiliki rumah, memiliki kendaraan pribadi, naik haji, dan juga berbagai keinginan lainnya. Dalam menyusun rencana keuangan, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut :

1. Hitung pendapatan
Tentunya Anda harus tahu pasti berapa pendapatan bersih yang Anda bawa pulang ke rumah untuk membuat perencanaan keuangan. Maksudnya pendapatan bersih adalah jumlah pendapatan yang sudah dipotong pajak atau dipotong hal lainnya dari kantor, misalnya asuransi. Jika Anda misalnya adalah wirausahawan yang pendapatannya tak menentu maka tentukan pendapatan rata-rata yang Anda dapatkan.
2. Identifikasi kebutuhan selama ini
Lihat berapa kebutuhan Anda selama ini dan untuk apa saja. identifikasi mana kebutuhan yang memang wajib Anda keluarkan dan mana yang tidak. Anda juga bisa membagi kebutuhan Anda ke berbagai kategori misalnya kebutuhan sehari-hari, tagihan, kredit, belanja, liburan, dan sebagainya.
3. Pastikan pengeluaran lebih kecil dari pendapatan
Dari melihat pendapatan dan kebutuhan atau pengeluaran selama ini Anda harus memastikan jumlah pengeluarannya lebih kecil dari pendapatan. Jika ternyata selama ini lebih maka siasati dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Tentukanlah prioritas.
4. Pisahkan uang Anda
Anda bisa menggunakan rumus 50,30,20 yaitu 50% untuk pengeluaran rutin dan pengeluaran rutin tidak tetap, 30% untuk pengeluaran tidak rutin, dan 20% untuk ditabung. Pengaturan ini harus Anda lakukan dari awal mendapat gaji, sesuaikan pengeluaran Anda dengan jumlah ini.
Untuk membantu Anda melaksanakan perencanaan keuangan yang telah Anda buat, ada aplikasi dari Indosat Ooredoo yang cocok. Yaitu adalah aplikasi Dompetku. Sebuah layanan e-money yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Dalam Dompetku salah satu keunggulannya adalah Anda akan mendapat dua akun berbeda yaitu akun dompet belanja dan dompet kirim uang. Mungkin Anda bisa menabung seperti biasa, namun untuk urusan belanja bisa dengan menggunakan Dompetku. Tentunya belanja Anda akan tercatat dan uang untuk belanja juga terbatas. Mudah sekali menggunakan Dompetku untuk belanja berbagai kebutuhan silahkan klik disini. Semoga bermanfaat.

Share