Pengertian Bisnis Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Bisnis Internasional Menurut Para Ahli

Pengertian Bisnis Internasional Menurut Para Ahli

Dalam membahas tentang pengertian bisnis internasional akan dibagi kepada dua bagian. Pertama tentang bagaimana bisnis itu sendiri dan kedua tentang bisnis internasional dalam pengertiannya menurut para ahli. Dan berikut penjelasannya.

Kata bisnis merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yaitu busines, kata dasarnya busy atau sibuk, yang maksudnya sibuk dalam mengerjakan suatu aktivitas atau pekerjaan demi suatu keuntungan secara materi. Dari hal tersebut dapat ditarik kesimpulan mengenai pengertian bisnis secara umum yaitu suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepad komsumen dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Sedangkan pengertian bisnis menurut para ahli terbagi kepada beberapa pendapat, seperti berikut ini.

  • Huat, T Chwee, mengartikan bisnis dalam arti luas yaitu suatu istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang atau jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis berperan sebagai suatu sistem yang memproduksi barang atau jasa demi memuaskan kebutuhan masyarakat. Tujuan dari semuanya yaitu mendapatkan keuntungan dari upaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan bagi orang yang mengusahakan dalam mengusahakan uang dan waktunya dengan menjalankan kegiatan bisnis disebut entrepreneur.
  • Glos, Steade dan Lowry. Menurut mereka bisnis merupakan sekumpula aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menegbangkandan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
  • Musselman dan Jackson. Bisnis merupakan suatu aktifitas yang memenuhi kebutuhan dan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktifitas tersebut.

Dari beberapa pengertian di atas mengenai bisnis dapat dikatkan dengan pengertian bisnis internasional yaitu suatu kegiatan bisnis yang dilakukan antara negara yang satu dengan negara yang lain. Dalam transaksinya dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan dapat melibatkan beberapa perusahaan atau  kelompok perusahaan, bahkan sampai kepada lembaga-lembaga pemerintah.  

Adapun pengertian lain dari bisnis internasional menurut beberapa ahli seperti A. Ball, McCullach, Frantz, Geringer, dan Minor, mengartikan bahwa bisnis internasional merupakan suatu bisnis yang kegiatannya melampui batas negara, yang mencakup perdagangan internasional, pariwisata, transportasi dan yang lainnya.  Sedangkan menurut  C. Daniels, Radebaugh dan Sullivan. Bisnis internasional yaitu semua transaksi komersia baik oleh swasta maupun pemerintah diantara dua negara atau lebih.

Baca Juga : Keuntungan Menjalankan Bisnis Properti

Share