Pengertian Keluarga dan 5 Fungsi Pentingnya Untuk Pendidikan Anak

Pengertian Keluarga dan 5 Fungsi Pentingnya Untuk Pendidikan Anak

5 Fungsi Pentingnya Untuk Pendidikan Anak

Setiap orang tentu merindukan kehangatan keluarga yang selalu menerima dan sebagai tempat berteduh kapanpun juga meskipun tidak ada lagi tempat yang mau menerima kita. Sebagian besar orang mengetahui makna dan pengertian keluarga dalam jiwanya sehingga tak heran jika mereka rela berbuat apapun untuk memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan untuk keluarga tercinta. banyak sekali fungsi keluarga untuk kehidupan seseorang. Apa sajakah itu? Berikut adalah uraiannya:

Pendidikan moral dan akhlak anak
Fungsi keluarga yang paling dasar adalah sebagai tempat untuk memberikan pendidikan moral dan membentuk akhlak anak. Anak-anak cendering akan merekam semua hal yang mereka lihat dan dengar setiap hari. Jadi moral dan akhlak anak akan terbentuk secara alami dalam keluarga sehingga setiap orang tua berkewajiban untuk memberikan contoh yang baik dan mengajarkan kepada anak untuk berperilaku baik.

Sosialisasi kehidupan anak
Seorang anak dapat bersosialisasi dengan lingkungan jika mereka telah mampu bersosialisasi dengan baik dalam keluarga. Kehidupan sosial ini dapat diajarkan dalam rumah sehingga si kecil mampu berinteraksi dengan orang sekitar secara baik.

Pemberi kasih sayang
Dicintai dan disayangi merupakan hal yang paling membahagiakan bagi setiap orang. Keluarga merupakan tempat untuk memberi kasih sayang antar anggota keluarga. Kasih sayang dapat ditunjukkan dengan menjalin kedekatan antara anggoat keluarga yaitu dengan meluangkan waktu berlibur bersama keluarga tercinta atau hanya sekedar meluangkan waktu ngeteh Sariwangi dan mengobrol dengan keluarga.

Perlindungan untuk semua anggota keluarga
Keluarga selalu memberikan perlindungan penuh untuk semua anggota keluarga. Keluarga akan selalu mendukung dan melindungi setiap anggota keluarga setiap saat meskipun dalam keadaan terburuk sekalipun. Keluarga akan selalu ada sebagai tempat berlindung dan kembali dari semua masalah yang melilit.

5.Penanaman pendidikan agama
Keluarga merupakan tempat penanaman pendidikan agama yang paling dasar karena setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap anggota keluarga berlandaskan pendidikan agama. Selain itu keluarga juga sebagai tempat pertama untuk mengajarkan pendidikan anak untuk belajar agama kepada anak-anak sebagai pondasi kehidupan mereka.

Itulah beberapa fungi keluarga yang akan menciptakan kebahagiaan bagi setiap anggota keluarga.

Share