Mengetahui Cara Menurunkan Hipertensi, Gejala Hipertensi dan Pencegahannya

Mengetahui Cara Menurunkan Hipertensi, Gejala Hipertensi dan Pencegahannya

Hipertensi adalah sebuah penyakit yang tentunya sudah tak asing lagi dalam pendengaran Anda. Penyakit ini bisa timbul manakala seseorang memiliki tekanan darah yang cukup tinggi. Penyakit hipertensi umumnya menyerang para orang tua yang lanjut usia. Wajar saja pada usia tersebut daya tahan dan kekebalan tubuh sudah menurun. Anda tentu saja tak ingin bukan terjangkit penyakit tersebut? Jika tak ingin ada beberapa cara untuk mengetahui gejala hipertensi dan pencegahannya. Bagaimana cara tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi pada saat tekanan darahnya diatas normal. Tekanan darah normal umumnya berkisar antara 120/80 mmHg. Jika tekanan darah Anda diatas tersebut, bisa jadi Anda sudah terjangkit hipertensi. Penyakit hipertensi tentu saja memunculkan gejala yang sering dialami oleh penderitanya. Misalnya saja kepala terasa sakit dan tengkuk seperti tercengkeram benda berat. Tak sedikit juga penderita yang sampai mengalami muntah-muntah karena tak tahan merasakan rasa pening.

Sedangkan untuk Anda yang belum terjangkit hipertensi bukan berarti bisa tenang begitu saja. Anda juga tetap waspada dan melakukan beberapa tindakan pencegahan. Beberapa contoh tindakan pencegahan hipertensi adalah sebagai berikut:

  • Jangan mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan berpengawet. Di dalam kedua jenis makanan tersebut terdapat kandungan yang cukup tinggi dan tentunya sangat tak baik untuk kestabilan tekanan darah.
  • Lebih baik perbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin.
  • Perbanyak melakukan olahraga. Tak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga ringan. Misalnya jogging ataupun berenang.

Itulah sedikit informasi mengenai gejala hipertensi serta pencegahannya.

Mengetahui gejala hipertensi dan pencegahannya sejak dini adalah hal yang terbaik. Karena secara tidak langsung Anda juga ikut menolak hadirnya penyakit tersebut pada tubuh Anda. Hipertensi yang tidak ditangani dengan baik ternyata juga bisa menimbulkan penyakit serius lain seperti stroke. Akan tetapi sebaliknya jika ditangani dengan baik maka kesehatan Anda akan tetap terjaga. Demikian informasi ini dan semoga bisa memberikan referensi untuk Anda.

Share