Mengenal Investasi Reksadana Untuk Pemula

Mengenal Investasi Reksadana Untuk Pemula

Investasi reksadana untuk pemula memang sedikit mengkhawatirkan. Bagi anda yang belum terbiasa atau bahkan belum memahami benar cara kerja reksadana bisa mengalami kerugian. Sama halnya dengan investasi dana yang lain, andapun harus mempelajari dulu tentang reksadana sebelum mulai melakukannya. Informasi berikut ini mungkin akan bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda.

Apa itu reksadana?

Reksadana merupakan sistem mengelola modal dari para investor menggunakan instrumen yang ada di pasar. Artinya, dalam anggota reksadana terdapat penggerak yang akan mengembangkan uang anda baik untuk obligasi, saham, atau hal lain. Tujuan seseorang ikut dalam reksadana tidak lain adalah untuk mendapatkan keuntungan dari uang yang diinvestasikannya. Nah, dalam reksadana didaulat orang yang mengatur perputaran uang tersebut.

Apakah Ada Dasar Hukumnya?

Sebagai orang yang menanamkan modal reksadana awal mungkin harus paham tentang dasar hukum yang mengikat. Di Indonesia, reksadana ini merupakan hal yang sah dan telah diatur dalam undang-undang pasar modal tahun 1995 nomor 8 pasar 1 ayat 27. Bunyinya; reksadana merupakan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat pemodal lalu selanjutnya kemudian  diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi.

Point Penting Reksadana

Ada 4 point penting dalam investasi reksadana untuk pemula. Pertama, ada kumpulan pemilik modal yang diberikan hak terhadap hasil pengembangan modalnya. Kedua, ada manajer investasi yang bertugas mengembangkan uang modal tersebut untuk mendapatkan penghasilan bersama. Ketiga, cara atau sistem yang diperbolehkan untuk digunakan adalah sistem yang resmi saja. kelak hal ini disebut dengan instrument investasi. Terakhir, reksadana merupakan investasi jangka menengah dan panjang. Jadi jangan diharapkan setahun sudah balik modal dan dananya.

Dengan demikian, jalannya modal tersebut, apakah akan untung atau rugi benar-benar di tangan pengelola reksadana dan harus dilakukan dengan instrument keuangan yang resmi. Contohnya adalah obligasi, saham, atau pasar efek. Kalau akhirnya rugi, maka seluruh pemilik modal juga akan mendapatkan kerugian yang sama. Jadi dalam investasi ini ada kemungkinan untung dan resiko kerugian. Tergantung secerdas apa manajer investasi mengelola. Itulah pengetahuan yang harus ada pada pemilik modal reksadana pemula.

Share