Mengenal Beragam Jenis Pompa Yang Ada Di Pasaran

Mengenal Beragam Jenis Pompa Yang Ada Di Pasaran

Ketika Anda memiliki suatu industri yang menghasilkan limbah cair atau air kotor, diperlukan suatu media yang berfungsi untuk memindahkan zat cair dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan cara memberikan tekanan ke zat yang dipindahkan. Media tersebut bernama pompa. Pompa tidak hanya dipergunakan untuk industri rumahan namun juga industri minyak. Pump Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing memiliki kegunaan atau fungsi sendiri-sendiri.

Pada dasarnya, pompa Indonesia dibedakan menjadi 2 yaitu pompa dinamik dan pompa positive displacement. Pompa dinamik yang bekerja dengan menghasilkan kecepatan fluida yang tinggi dan mempunyai biaya perawatan yang rendah ini, terbagi menjadi 3 macam yaitu :

  • Pompa sentrifugal memiliki bagian bernama impeller dengan saluran inlet di tengahnya. Keunggulan dari jenis pompa ini adalah aliran yang halus, memiliki biaya yang rendah, dapat bekerja dengan kecepatan yang tinggi.
  • Pompa aksial atau pompa propeller yang banyak digunakan untuk saluran irigasi dan sistem drainase.
  • Pompa special-efek untuk industri dengan kondisi tertentu.

Sedangkan pompa positive displacement terbagi menjadi 2 yaitu jenis pompa reciprocating dan rotary. Kelebihan dari pompa positive displacement adalah dapat menghasilkan suatu power density yang lebih besar serta memberikan perpindahan fluida atau cairan yang lebih konstan dan stabil untuk setiap putarannya. Jenis pompa reciprocating biasanya dipergunakan untuk memompa bahan addictive yang kemudian dimasukkan ke aliran fluida atau cairan tertentu.

Jenis rotary pump yang termasuk dalam jenis pompa positive displacement menggunakan prinsip rotasi. Keunggulan dari jenis pompa ini adalah lebih efisien karena dapat mengeluarkan udara dari pipa sehingga mengurangi tenaga untuk mengeluarkan udara secara manual. Terdapat 3 tipe yaitu gear pump (2 roda gigi), screw pumps dengan 2 ulir, dan rotary vane pump menggunakan prinsip seperti compressor scroll. Untuk mendapatkan jenis pump Indonesia tersebut Anda dapat memilih Winston Indonesia yang menyediakan berbagai macam jenis pipa, baik pipa untuk industri, minyak, ataupun pengolahan limbah. Jadi, pilih Winston Indonesia yang telah ahli alam teknologi pompa untuk keperluan Anda yang beragam seperti industri!

Share