Manfaat beras merah untuk diet – Tropicana

Manfaat beras merah untuk diet – Tropicana

Beras merah untuk diet – Beras merah dan beras putih sebenarnya merupakan dalam satu varietas akan tetapi secara kasat mata dapat dibedakan dari warna masing-masing beras. Jika warna beras merah coklat kegelapan dan beras putih tentunya memiliki warna putih bersih. Selain itu harga beras merah lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan beras merah tidak banyak dibudidayakan atau langkah.

Beras merah memang kurang enak apabila dikonsumsi. Beras merah juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya.Dan kurang enak apabila dimakan sebab memiliki tekstur yang keras daripada beras putih. Hal tersebut mungkin yang membuat beras merah menjadi kurang banyak diminati oleh masyarakat sebagai konsumsi makanan sehari-harinya. Gizi dari beras merah lebih unggul daripada beras putih. Hal tersebut dikarenakan beras merah mengandung zat yang bernama antosioni yang merupakan senyawa yang terdapat pada lapisan warna merah pada jenis beras tersebut. Dan bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker dan anti glisemik tinggi yang artinya baik untuk penyakit diabetes dan juga hipertensi.

Selain itu beberapa manfaat lain dari beras merah untuk diet dan untuk kesehatan tubuh yang lainnya diantaranya :

  1. Menjaga berat badan agar tetap sehat
    Beras merah untuk diet memiliki tinggi serat yang akan mengenyangkan lebih lama.Hal tersebut dapat mengurangi porsi makan sehingga akan menurunkan berat badan. Beras merah juga merupakan sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik yang rendah dan juga membuat gula darah lebih stabil.
  1. Dapat menurunkan kolesterol jahat
    Beras merah merupakan serat pelarut yang baik sehingga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Didalam darah minyak esensial yang terdapat di dalam beras merah diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol.
  1. Mencegah sembelit
    Beras merah tinggi akan serat larut. Oleh sebab itu beras merah membantu melancarkan pencernaan dan pembuangan. Jenis serat larut yang akan memberikan cairan ke usus sehingga gerakan usus lebih halus dan mencegah sembelit.
  1. Mengontrol kadar gula darah
    Beras merah dapat membuat karbohidrat lebih lama dicerna dengan demikian gula darah lebih lambat masuk ke dalam aliran darah. Beras merah untuk diet yang kaya akan indeks glikemik rendah serta merupakan makanan berserat tinggi sehingga dapat membuat kadar glukosa darah stabil dan dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

Artikel terkait: http://www.tropicanaslim.com/product/beras-merah-organik/

Share