Indonesia Finance,Biaya Crossing Terkait Tax Amnesty

Indonesia Finance,Biaya Crossing Terkait Tax Amnesty

Indonesia Finance – Baru-baru ini, di Indonesia sedang ramai diperbincangkan mengenai tax amnesty atau pengampunan pajak. BEI atau Bursa Efek Indonesia memanfaatkan program pengampunan pajak tersebut untuk menarik dana repatriaside ngan cara memberikan diskon atau potongan harga terkait biaya transaksi crossing hingga 45%. Biaya crossing dalam Indonesia Finance adalah biaya yang dibebankan terkait transaksi jual beli saham yang dilakukan anggota bursa yang sama atau 1 broker. Transaksi tersebut diperuntukkan untuk jumlah lembar, saham dan harga yang sama.

Berdasarkan pada aturan dalam surat edaran BEI No SE-00002/BEI/08-2016, para wajib banyak diberikan potongan biaya crossing untuk nilai transaksi pengalihan hak dengan besar minimal:

  • Rp 3-5 trilyun mendapatkan potongan 45%.
  • Rp 1-3 trilyun memperoleh potongan 35%.
  • Transaksi Rp 500 milyar-Rp 1 trilyun memperoleh potongan 30%.
  • Transaksi kurang dari Rp 500 milyar memperoleh potongan sebesar Rp 20%.
  • Transaksi di atas Rp 5 trilyun, potongan berdasarkan pada keputusan direksi BEI.

Peraturan yang berlaku hingga 30 September 2016 tersebut terkait dengan kebijakan biaya transaksi yang terjadi di pasar negosiasi. Crossing saham tersebut adalah cara untuk para peserta dari tax amnesty ingin melakukan balik nama atas kepemilikan saham yang ada di finance Indonesia. Dengan besar biaya crossing sebesar 0,3% akan meringankan bagi para pemilik saham untuk mengembalikan namanya terhadap saham yang dimiliki.

Para wajib pajak dapat memanfaatkan tax amnesty untuk jenis aset yang dimiliki seperti portofolio saham dan nilai aset yang ada di pasar saham Indonesia finance tersebut cukup besar. Menurut dari Direktur utama BEI yaitu Tito Sulistio, perkiraan besar aset saham yang bukan atas nama pemiliknya yaitu sekitar RP 400 trilyun. Jika program ini sukses, maka dapat meningkatkan persaingan usaha yang adil dan dapat memberikan dampak positif pada pasar modal. Sehingga, Anda dapat membeli ataupun menjual saham sesuai kebutuhan Anda setelah melihat keadaan pasar modal di IDN Financials yang menjadi platform keuangan yang memungkinkan Anda untuk dapat melihat kondisi pasar modal yang sedang berlangsung. Jadi, jangan ragu untuk gunakan IDN Financials untuk membantu menentukan investasi yang tepat!

Share