Hobi Memang Mengasyikkan, Tapi Jangan Kebablasan! Perhatikan Strategi Keuangannya!

Bisnis

Bisnis

Hobi Memang Mengasyikkan, Tapi Jangan Kebablasan! Perhatikan Strategi Keuangannya!

 Memiliki hobi adalah hal yang wajar dimiliki oleh banyak orang. Anda pun pasti memilikinya, baik itu hobi membaca, traveling, mengutak-atik mobil, memancing, kerajinan tangan, bahkan hobi tidur sekalipun. Namanya juga hobi, pasti ketika Anda melakukannya, Anda akan merasakan sebuah kepuasan sendiri di dalam diri Anda, dan itu benar-benar tak ternilai harganya.

Nah, sebagian dari hobi ini juga membutuhkan biaya yang tak sedikit, dan kalau Anda tak pandai-pandai mengaturnya, ini bisa membuat Anda terjebak dalam kesulitan keuangan. Hobi modifikasi mobil misalnya, jelas akan membuat Anda harus merogoh kocek yang tak sedikit. Demikian juga dengan Anda yang hobi mengoleksi barang antik, membuat karya seni, dan hobi-hobi lainnya. Intinya, hobi itu tak selalu murah, dan orang akan cenderung membenarkannya demi kesenangan diri.

Supaya keuangan Anda tak kacau gara-gara hobi Anda ini, berikut adalah hal yang harus Anda lakukan:

  1. Membuat anggaran khusus

Karena bagi Anda hobi adalah hal yang penting, maka alokasikan dananya tiap bulan, dan jangan menggunakannya lebih dari itu. Bedakan dengan anggaran sehari-hari Anda.

  1. Jangan berhutang atau ambil dari simpanan

Jangan sekali-kali berhutang hanya gara-gara hobi. Cukupi dulu kebutuhan Anda sehari-hari sebagai prioritas, dan jangan pernah ambil dari tabungan Anda. Ingat, tabungan adalah dana darurat.

  1. Buat menjadi bisnis

Supaya Anda tetap mendapatkan dana untuk hobi dengan lancar, kenapa tidak mengubah hobi Anda menjadi bisnis saja? Hobi modifikasi motor bisa menghasilkan banyak profit, sementara hobi menggambar atau prakarya bisa Anda jual.

  1. Bergabung di komunitas

Komunitas akan membantu Anda mencari informasi murah untuk hobi Anda, baik itu tentang bahan-bahannya maupun informasi tempat liburan yang oke. Selain itu, komunitas juga bisa saling membantu melengkapi atau bertukar barang.

Hobi memang adalah sesuatu yang menyenangkan, tapi ingat, hobi tidak boleh menjadi prioritas utama dibandingkan dengan kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum, pakaian, dan juga pendidikan. Batasi selalu besarnya pengeluaran untuk hobi Anda ini, sehingga tidak terjadi konflik di dalam keluarga karena masalah keuangan. Sesenang apapun Anda dengan hobi, tidaklah berguna jika membuat hidup Anda berantakan.

Baca juga: Jual Beli Mobil Bekas Murah Berkualitas | MOBILOKA

Share