Hemat Energi Listrik dan Air

Air dan listrik merupakan kedua hal yang sangat berkaitan, terutama ketika anda melakukan pencucian pakaian. Seperti yang kita ketahui, kedua sumber daya alam tersebut memang saat ini terbilang digunakan dengan cukup boros. Hal ini dikarenakan beberapa orang atau kebanyakan orang belum mengetahui akibat jika mereka kehilangan atau kehabisan kedua sumber daya tersebut. Perlu anda ketahui, kedua sumber daya tersebut merupakan penunjang dari kehidupan. Oleh karena itu, kita semua harus menjaganya dengan cara melakukan mengurangi pemakaiannya. Cara hemat energi listrik dan air sendiri sebenarnya cukup mudah, akan tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui caranya. Oleh karena itu, simaklah penjelasan yang ada di bawah ini.

Hemat Energi Listrik dan Air

Hemat energi listrik dan air merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Hal ini dikarenakan keberadaan kedua sumber energi tersebut semakin terancam. Untuk listrik sendiri, di Indonesia saat ini masih menggunakan pembangkit listrik dengan sumber bahan baku utama dari batubara yang tentunya merupakan sumber daya alam yang terbatas. Sedangkan untuk air saat ini cukuplah langka. Ini karena, banyak sekali hutan yang digunduli serta daerah-daerah resapan air yang banyak dijadikan bangunan ataupun perumahan. Oleh karena itu, penghematan kedua energi ini sangat perlu untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi penggunaan kedua energi tersebut.

  1. Matikan pompa air jika bak mandi sudah penuh

Kebanyakan orang lupa akan hal ini, sehingga air yang bak mandi yang telah penuh akan terbuang dengan percuma. Selain itu, hal ini juga dapat membuat boros penggunaan energi listrik.

  1. Gunakan mesin cuci  secara bijak

Pastikan anda mencuci menggunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya, karena jika kapasitas cucian melebihi kapasitas yang dapat ditampung oleh mesin cuci, maka daya yang dikeluarkan oleh mesin cuci tersebut akan semakin besar pula. Selain itu, penggunaan deterjen juga sangat berpengaruh untuk cepat atau tidaknya waktu pencucian. Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan deterjen khusus yang digunakan untuk mencuci menggunakan mesin cuci. Deterjen tersebut adalah Rinso O’Matic.

  1. Buatlah atau tampungan air

Ketika musim hujan tiba, tentunya air akan sangat melimpah. Oleh karena itu, hal yang paling wajib dilakukan adalah menampung air hujan, karena  dapat menghemat penggunaan air dan listrik.

Itulah beberapa cara mengurangi penggunaan energi listrik dan air.

Share