Hakikat Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Hakikat Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Perkembangan adalah salah satu proses yang memiliki sifat kumulatif, yang artinya perkembangan terdahulu akan menjadi dasar dari suatu perkembangan selanjutnya secara bertahap. Maka dari itu, apabila terjadi suatu hambatan pada perkembangan yang terdahulu maka perkembangan selanjutnya akan terhambat.

Khususnya pada aspek perkembangan anak usia dini yang merupakan masa keemasan dalam sepanjang perkembangan manusia. Perkembangan anak usia dini menurut para ahli termasuk dari Montessori mengatakan bahwa “masa ini merupakan salah satu periode yang sensitif diaman anak secara mudah akan menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya. Pada masa peka inilah akan terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis sehingga anak akan siap merespon dan mewujudkan semua tugas dari berbagai perkembangan yang diharapkan muncul pada pola perilakunya setiap hari.

Berdasarkan pada teori perkembangan anak, diyakini bahwa setiap anak lahir akan lebih dari satu bakat. Maka dari itu, anak perlu sekali diberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangannya dengan cara memperkaya lingkungan bermainnya. Untuk itulah paradigma yang baru bagi anak usia dini atau pun anak prasekolah harus berorientasi pada anak secara perlahan-lahan.

Pada hakikatnya anak merupakan makhluk individu yang membangun diri sendiri atas pengetahuannya. Anak lahir membawa sejumlah potensi yang siap untuk tumbuh dan kembang asal dilingkungannya dapat menyiapkan situasi serta kondisi yang dapat merangsang kemunculan dari potensi yang tersembunyi tersebut. Berdasarkan aspek perkembangan anak usia dini menurut para ahli,kunjungi sumber di www.parentingclub.co.id seorang anak dapat belajar dengan sebaik-baiknya apabila kebutuhan fisiknya terpenuhi dan mereka akan merasa aman dan juga nyaman secara psikologis. Untuk itulah dibutuhkan sekali peran orang tua sebagai salah satu pembimbing anak usia dini, agar kelak nanti setelah dewasa dapat menjadi seorang yang berkembang dengan baik. Baik itu secara emosional, intuisi, intelektual, dan perkembangan spiritual. Perkembangan yang baik untuk usia dini memang harus di berikan. Karena perkembangan usia dini sifatnya sangat fatal dan tentunya orang tua harus tetap memberikan pemahaman serta pendidikan yang bersifat didikan terbaik.

Share