Gejala Penyebab Penyakit Kulit Skabies (Kudis)

Gejala Penyebab Penyakit Kulit Skabies (Kudis)

Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan karena lingkungan yang kotor, terutama kalau Anda tak mempunyai kebiasaan mencuci tangan. Dari penyakit seperti diare, kemudian gangguan pernapasan, disentri, dan lain sebagainya, sudah jelas bahwa lingkungan kotor tak memberikan efek positif apapun. Namun penyakit yang disebabkan kotornya lingkungan tersebut tak hanya yang sudah disebutkan di atas, namun juga mencakup penyakit kulit seperti scabies. Kenali dulu gejala penyebab penyakit ini. Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena tungau atau kutu yang disebut Sarcoptes scabiei, yang bisa berkembang biak di dalam kulit manusia.

Gejala Penyakit Kulit

Gejala Penyakit Kulit

Berikut adalah gejala timbulnya penyebab penyakit scabies, atau yang juga sering disebut dengan penyakit kudis:

  • ¬†Adanya garis-garis yang berbentuk seperti lorong pada kulit di semua bagian tubuh kecuali wajah, karena ada tungau pada kulit.
  • Rasa gatal yang sangat, terutama di malam hari, sehabis olahraga, atau ketika sehabis mandi air yang hangat.
  • Terjadi iritasi pada jerawat, timbulnya ruam atau kulit kemerahan di lipatan tubuh dan pergelangan tangan, serta sela-sela tubuh seperti sela jari dan lipatan payudara.
  • Ruam benjol-benjol, dan infeksi ketika digaruk.
  • Pada bayi, akan timbul bisul pada kepala, telapak tangan dan kaki, serta wajah dan leher.

Ketika Anda mengalami penyakit ini, berikut adalah cara terbaik dalam menanganinya:

  1.  Jangan garuk kudis, dan mandilah dengan sabun antiseptik yang efektif dan bisa membunuh bakteri seperti Lifebuoy, serta keringkan dengan handuk yang bersih.
  2. Oleskan krim khusus untuk kudis, terutama di sela-sela tubuh dan lipatan yang gatal, lalu biarkan 8-24 jam. Bersihkan krim pakai air hangat.
  3. Lakukan pengobatan selama 1 minggu sampai semua bagian tubuh bersih. Jika tidak berhasil, segera periksakan diri ke dokter.

Semua gejala penyebab penyakit scabies ini sebenarnya bisa dihindari dengan membersihkan lingkungan Anda secara menyeluruh, terutama di rumah tempat tinggal. Selain membersihkan debu di rumah, Anda juga harus sering berganti pakaian, terutama kalau Anda sering berkeringat. Jaga tubuh, terutama tangan Anda, dan mandilah menggunakan sabun antiseptik seperti Lifebuoy agar kulit tetap bersih.

Share