Gejala Penyebab  Mencret Pada Bayi dan Penanganannya

Gejala penyebab mencret

Gejala Penyebab  Mencret Pada Bayi dan Penanganannya

Gejala penyebab mencret pada bayi harus diketahui sedini mungkin agar penanganan bisa segera dilakukan. Masa bayi adalah masa yang cukup rentang dengan berbagai macam penyakit, sehingga sebagai orang tua memang harus paham betul tentang apa yang terjadi pada bayinya. Jangan sampai Anda tidak mengetahui kalau bayi Anda sedang mengalami mencret. Meskipun mencret merupakan penyakit yang umum dialami masyarakat, namun mencret yang terjadi pada bayi bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Simak apa saja penyebab mencret pada bayi yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

Banyak faktor gejala penyebab mencret pada bayi yang harus Anda ketahui. Faktor pertama yang bisa menyebabkan bayi menjadi mencret adalah karena alergi pada suatu makanan atau obat-obatan tertentu. Organ tubuh bayi masih lemah dan Anda harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi Anda. Faktor kedua adalah karena bayi mengonsumsi atau minum jus buah-buahan yang terlalu banyak. Jus buah untuk bayi memang sangat baik .Namun, Anda tentu harus memperhatikan porsi yang sebaiknya dikonsumsi. Jika berlebihan, bukannya sehat yang didapatkan malah menjadi diare. Faktor berikutnya adalah karena keracunan makanan. Oleh karena itu, persiapkanlah makanan bayi sesuai tahap usianya dan perhatikan makanan yang baik setiap membeli di toko.

Infeksi karena jamur juga bisa menyebabkan mencret karena akan menganggu pencernaan bayi melalui mulut. Alat makan bayi juga perlu dibersihkan dengan steril untuk menghindari kuman yang masuk melalui makanan. Anda juga harus rajin untuk membersikan tangan menggunakan sabun anti kuman dan bakteri lifebuoy setiap akan membuat makanan bayi dan menyuapinya. Jika mencret pada bayi Anda terjadi, Anda bisa meminta antibiotic dari dokter. Jika terlalu banyak cairan yang keluar, Anda bisa membawanya ke rumah sakit untuk segera mendapatkan cairan infus. Cairan oralit biasanya juga direkomendasikan oleh dokter untuk diberikan kepada bayi Anda yang sedang mencret sebagai cairan yang bisa mengembalikan rehidrasi tubuh. Itulah beberapa gejala penyabab mencret pada bayi sebagai perhatian untuk Anda semua. Sayangi bayi Anda dengan selalu menjaga kebersihan.

Baca Juga: Rinso Merek Paling Populer Untuk Semua Jenis Cucian

Share