Fried Rice ala Indonesia Memang Selalu Digemari

Kekayaan negara Indonesia tidak hanya terletak pada kebudayaan dan seni. Setiap provinsi juga memiliki aneka ragam kuliner unik untuk dicoba. Salah satu kreasi masakan nusantara yang mendunia adalah fried rice, atau nama lokalnya nasi goreng. Cita rasa nasi goreng Indonesia tentu berbeda dengan negara-negara lain. Karena keunikan inilah banyak pelancong asing sengaja mengunjungi Indonesia karena ingin mencicipi secara nasi goreng nusantara secara langsung.

Nasi Goreng Nusantara

Popularitas Nasi Goreng Nusantara

Reputasi nasi goreng Indonesia sudah tidak perlu diragukan. Hampir semua provinsi menawarkan menu ini kepada para pelanggan. Uniknya lagi, setiap daerah memiliki kreasi berbeda. Secara umum, bahan-bahan tambahan untuk nasi goreng berupa sayuran, suwir ayam, seafood, maupun daging kambing dan sapi. Untuk bumbunya, kecap dan bumbu putih tidak boleh dilewatkan. Level pedas bisa disesuaikan dengan selera konsumen sehingga bumbu merah dapat ditakar sesuai keinginan.

Beberapa orang beranggapan fried rice ala Indonesia hampir mirip dengan apa yang ada di Thailand. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Hampir sulit menetapkan karakteristik umum nasi goreng nusantara. Alasannya, setiap daerah memiliki resep berbeda. Beberapa jenis yang paling terkenal adalah nasi goreng Jawa, nasi goreng Makasar, dan versi nasi goreng Sumatra Barat. Nasi goreng Jawa cenderung lebih menonjolkan penggunaan kecap sebagai bumbunya.

Varian tak Terbatas

Perkembangan resep nasi goreng nusantara juga semakin baik. Ada beberapa variasi menarik yang menggugah selera. Salah satu contohnya adalah nasi goreng Magelangan. Bumbu dasar tetap sama. Namun versi ini mengkombinasikan nasi dan mi sebagai bahan utama. Biasanya nasi goreng Magelangan dapat dipesan di beberapa warung dan penjaja keliling. Ada juga versi nasi goreng gila yang menambahkan oseng sayur diatas nasi gorengnya.

Karena keberagaman fried rice ala Indonesia, turis takkan pernah bosan berpetualang dan mencicipi semua varian yang ada. Dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah, nasi goreng merupakan menu yang populer. Kombinasi bumbu-bumbu rempah dan bahan-bahan berkualitas amat menggugah selera. Belum lagi tingkat kepedasan bisa diatur sesuai keinginan. Untuk informasi lebih jauh, Indonesia.Travel Phillipines bisa dijadikan acuan.

Share