Faktor-faktor yang Dapat Mempengaruhi Harga Saham

Faktor-faktor yang Dapat Mempengaruhi Harga Saham

Nama Bursa efek Jakarta sampai sekarang masih selalu terngiang di dunia bisnis meskipun sebenarnya lembaga tersebut sudah berganti nama menjadi bursa efek Indonesia atau Indonesia stock exchange. Di dalam lembaga itulah saham-saham berbagai perusahaan di Indonesia diperjualbelikan dengan harapan banyak investor-investor yang menanamkan modalnya khususnya dari investor luar negeri. Dengan naiknya harga saham di bursa saham Indonesia diharapkan juga akan membantu meningkatnya nilai mata uang Rupiah terhadap mata uang asing.

 Faktor-faktor yang Dapat Mempengaruhi Harga Saham

Selain melihat naik turunnya harga saham di stock exchange Indonesia, ada beberapa faktor yang juga dapat mempengaruhi nilai saham suatu perusahaan, diantaranya:

 

  • Keadaan politik negara tersebut.
  • Bencana alam.
  • Keuntungan tahun lalu.
  • Isu-isu perusahaan.
  • Keamanan negara.

 

Beberapa faktor tersebut akan dapat mempengaruhi harga saham karena para investor akan mengharapkan kestabilan politik, keamanan negara dan keadaan alam baru mereka akan mempercayakan uang kepada suatu perusahaan.

 

Karenanya jika Anda ingin menanamkan modal sebagai saham yang nantinya bernilai investasi, Anda harus melihat segala aspek yang dapat mempengaruhi nilai jual saham. Bandingkan antar satu perusahaan dengan perusahaan lainnya mana yang memiliki kesempatan lebih besar memberikan laba lebih tinggi. Selain itu lihat juga perkembangan yang terjadi terutama setelah Anda membeli sahamnya karena dari sanalah Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk menjualnya kembali dan mendapatkan keuntungan.

 

Jika Anda ingin belajar ataupun mengetahui tentang nilai-nilai saham berbagai perusahaan di Indonesia, selain melalui Indonesia stock exchange Anda juga dapat melihatnya di IDN Financial yang merupakan website tempat informasi-informasi penting mengenai harga saham. Bukan hanya harga saham saat itu namun juga faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya misalnya politik, ekonomi, keamanan dan isu-isu perusahaan yang terjadi. Dengan melihat IDN Financial diharapkan Anda dapat lebih bijak dalam memilih berapa nilai investasi dan kemana investasi Anda akan ditanamkan. Jangan khawatir akan validitas data karena di IDN Financial semua datanya dapat dipertanggungjawabkan.

Share