Fakta-fakta Mengenai Jerawat

Fakta-fakta Mengenai Jerawat

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami kulit berjerawat setalah memasuki masa puber. Semakin tinggi tingkat keparahan jerawat yang pernah diderita, semakin tinggi pula kemungkinan akan meninggalkan bekas jerawat di kulit wajah. Bekas ini tentu saja dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengurangi nilai penampilan seseorang. cara alami menghilangkan bekas jerawat maupun pengobatan melalui dokter spesialis kulitpun banyak dilakukan untuk memperoleh tekstur kulit yang halus dan mulus. Namun sebelum anda memutuskan menggunakan jenis perawatan apa, kenali dulu fakta-fakta mengenai jerawat berikut ini karena cara terbaik untuk mencegah timbulnya bekas jerawat adalah dengan mencegah jerawat tersebut muncul di permukaan kulit.

  1. Mencuci wajah tidak sepenuhnya mencegah timbulnya jerawat di kulit. Tidak banyak orang yang tahu bahwa jerawat tidak sepenuhnya berasal dari kulit yang kotor dan tidak higienis. Walaupun mencuci wajah dapat mengurangiminyak yang dapat menimbulkan jerawat, namun terlalu sering mencuci wajah justru akan mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat yang timbul di kulit wajah anda.
  2. Tidak selamanya penggunaan makeup dapat memunculkan jerawat. Walaupun ketidakcocokan terhadap produk makeup merk tertentu dapat menimbulkan iritasi, namun orang yang sedang berjerawat tidak perlu sepenuhnyamenghindari makeup. Gunakan makeup yang bertuliskan “non-comedogenic products” yang mengandung bahan-bahan pencegah timbulnya jerawat atau komedo.
  3. Tidak selamanya produk dengan klaim organik dan natural tidak menyebabkan jerawat. Karena kandungan pada produk-produk ini juga dapat menyumbat pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat.
  4. Menggunakan pengobatan jerawat dan bekas jerawat terlalu banyak justru akan memperparah timbulnya jerawat. Jadi, gunakan seperlunya atau sesuai dosis yang dianjurkan oleh produk atau dokter.
  5. Sedikit sinar matahari baik untuk kulit, namun harus dibatasi maksimal 10 menit untuk pemilik kulit cerah dan maksimal 20 menit untuk pemiliki kulit gelap. Terlalu banyak paparan sinar matahari akan menyebabkan kulit wajahterbakar dan memperparah timbulnya jerawat dan memperlambat proses penghilangan bekas jerawat.
  6. Jerawat mungkin saja dapat ditimbulkan oleh asupan makanan, tapi bisa juga tidak. Banyak kasus ditemukannya orang yang mengonsumsi diet tidak sehat tapi tidak terkena masalah jerawat, sedangkan mereka yang mengonsumsi makanan sehat tetap terkena jerawat. Walaupun begitu, memperhatikan jenis makanan yang anda asup juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga : Cara mengatasi alergi kulit pada wajah akibat kosmetik

Share