Definisi Dari Belanja Online

Definisi Dari Belanja Online

Belanja online bukan merupakan hal yang baru lagi dikalangan masyarakat Indonesia. Siapapun dan dimanapun seseorang berada, setidaknya pasti pernah mendengar istilah ini. Bahkan bagi masyarakat awam, sesuatu yang menggunakan kata online selalu dikaitkan dengan online shopping atau belanja secara online.  Padahal sebenarnya tidak selalu seperti itu. Bisa saja online yang dimaksud adalah kondisi sedang terhubung atau memiliki koneksi dengan internet dan dunia maya, bisa saja online chat, jaringan online, dan lain sebagainya. Pengertian dari belanja online adalah sebuah aktivitas berbelanja yang dilakukan melalui media internet, baik sosial media maupun website. Jadi, mengapa disebut belanja online? Ini karena proses jual – beli dihubungkan melalui internet.

Online shopping

Hand with credit card and a small shopping cart coming from laptop screen isolated in white

Di era teknologi yang semakin canggih,kegiatan berbelanja melalui internet memang sangat diminati oleh masyarakat, khususnya anak muda yang update dengan perkembangan teknologi. Peminat olshop hari ini tidak kalah ramai dibandingkan dengan toko real. Pasalnya banyak toko real yang juga membuka toko online supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Jika toko real jangkauannya hanya di satu tempat dan sulit untuk berkembang, misalnya toko pakaian umum yang tidak mengusung brand tertentu. Pasti pembelinya juga stuck atau hanya orang yang tinggal di area wilayah tersebut saja. Namun jika memiliki toko online, maka pembeli dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia bisa dengan mudah berbelanja di toko onlinenya.

Teknologi yang serba canggih memang memberi kemudahan bagi semua kalangan. Aktivitas yang dulunya hanya bisa dilakukan secara langsung (face to face) kini bisa dilakukan secara online dengan bantuan dari internet. Salah satu keunggulan belanja secara online adalah bahwa seseorang tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli barang yang dinginkannya, cukup dengan memiliki gadget dan memiliki koneksi internet kini sudah dapat memesan barang yang diinginkan. Tapi sayangnya, tingkat kejahatan online pun semakin marak. Dan sasaran utamanya adalah para penggemar online shopping. Untuk itu, sangat perlu bagi para pencinta olshop untuk tetap waspada terhadap berbagai modus dan tipuan. Hal ini untuk mencegah penipuan saat melakukan belanja online.

Share