Ciri-ciri gejala penyakit diare pada anak

Ciri-ciri gejala penyakit diare pada anak

Sekarang ini banyak sekali anak yang menderita penyakit diare. Hal ini disebabkan karena memang daya tahan tubuh anak masih belum sempurna, serta kebiasaan anak-anak yang suka bermain di tempat-tempat yang kotor, contohnya saja ketika ia bermain bola ketika hujan dan lapangannya berlumpur. Perlu anda ketahui, di dalam lumpur tersebut banyak sekali kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus mengetahui apa saja gejala penyakit diare pada anak, karena semakin cepat anda mengetahui bahwa anak anda terseranng diare, tentunya penanganan atau pengobatan terhadap penyakit tersebut akan jauh lebih optimal dan tidak mencegahnya memasuki tahap yang parah, serta dapat sembuh dengan jauh lebih cepat. Oleh karena itu simaklah penjelasan yang ada di bawah ini.

Sebenarnya, gejala penyakit diare pada anak tidak jauh beda dengan orang dewasa. Berikut ini adalah gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

  1. Meningkatnya volume buang air besar

Perlu anda ketahui, setiap orang buang air besar hanya sebanyak 1 hingga 2 kali sehari jika ia dalam kondisi yang sehat atau normal. Akan tetapi, para penderita diare melakukan buang air besar hingga lebih dari angka tersebut, bahkan hingga mencapai 7 kali dalam sehari bahkan ada juga lebih.

  1. Bentuk tinja yang encer

Seseorang yang menderita diare dapat mudah sekali diketahui jika tinja yang dikeluarkannya berbentuk encer seperti air ataupun cukup lembek. Oleh karena itu, gejala ini dapat dijadikan patokan utama apakah anak anda mengidap diare atau tidak.

  1. Tubuh akan merasa lemas

Karena sering sekali melakukan buang air besar, maka secara otomotis cairan di dalam tubuh akan cepat habis sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan kondisi itulah maka para penderita diare akan merasa tubuhnya cukup lemas.

Itulah beberapa gejala dari penyakit diare yang sering terjadi pada anak. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin anak anda terserang diare maka anda harus membiasakan anak anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun cair Lifebuoy Total 10, dan semua hal yang berhubungan dengan pola hidup sehat.

Share