Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Mudah

parentingclub.co.id  – Pastinya setiap keluarga baik yang baru saja menikah maupun yang sudah lama menikah ingin mendapatkan seorang keturunan. Dan kehamilan terutama yang pertama tentu menjadi sebuah hal paling membahagiakan bagi setiap keluarga yang ingin memiliki anak. Karena memang salah satu tujuan dari pernikahan dan membangun sebuah keluarga adalah memiliki anak untuk semakin menambah kebahagiaan keluarga anda. Namun anda tidak boleh hanya bahagia, tapi anda harus mengetahu usia kehamilan agar masa masa sebelum melahirkan dapat dilalui dalam keadaan sehat dan anak pun dapat sehat hingga terlahir ke dunia.

Untuk mempermudah dalam menghitung adalah dengan menggunakan periode mingguan agar perkembangan bisa menjadi lebih akurat dan perkiraan kelahiran lebih jelas. Untuk masa perhitungan ini lebih sering menggunakan hari pertama haid terakhir yang sangat berguna untuk mempermudah mencari tahu usia kehamilan. Dengan anda paham dan tahu berapa usia dari masa kehamilan, anda bisa mempersiapkan kebutuhan anak di masa depan dan tentunya bisa hidup lebih sehat untuk menjaga kehamilan. Susu nutrisi Wyeth bisa anda persiapkan untuk menjadi susu tumbuh kembang anak setelah lahir dan sudah memasuki usianya yang pertama. Secara umum ada 2 kategori dalam menghitung usia pasti dari kehamilan anda, kedua cara ini tidak terlalu sulit dan berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan dalam perhitungan ini.

Cara Menghitung Secara Manual

  1. Hitungan kalender

Anda bisa mendapatkan usia yang paling spesifik secara manual dengan menggunakan metode ini, namun anda harus mengetahui siklus dari haid yang anda alami. Karena memang hari pertama haid terakhir sangat dibutuhkan dalam perhitungan ini. HPHT akan sangat diperlukan untuk mencari tahu usia pada kehamilan anda dengan memasukkannya ke dalam sebuah rumus.

  1. Sistem fundus uteri

Sistem ini bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu pengetahuan yang terlalu berbelit belit. Karena anda tinggal mencari tonjolan pada sekitar rahim yang terletak di perut untuk memastikan dimana fundus uteri. Kemudian tinggal meletakkan 2 jari anda dari mulai tulang kemaluan hingga puncak rahim tersebut, setiap 2 jari tersebut menandakan 2 minggu usia yang sudah anda alami dalam kehamilan.

  1. Mendeteksi gerakan janin

Anda pasti akan merasakan gerakan yang datang dari perut anda selama masa kehamilan, dan ini bisa digunakan sebagai patokan dari usia walaupun tidak terlalu akurat. Jika anda baru pertama hamil dan merasakan gerakan berarti usia sudah sekitar 18 sampai 20 minggu dan untuk yang lain sudah 16 hingga 18 minggu.

Cara menghitung secara modern

Untuk cara ini anda tidak perlu melakukannya sendiri karena memang cara modern ini lebih banyak dipakai kalangan dokter. Yakni dengan Ultrasonografi yang dapat membantu anda memastikan usia kehamilan dan beragam kepentingan lainnya. USG ini lebih baik dan disarankan dilakukan ketika sudah memasuki 4 hingga 6 minggu untuk memastikan kehamilan anda.

Demikian beberapa cara yang cukup mudah untuk melakukan perhitungan usia dari kehamilan anda baik secara manual hingga modern. Baca Juga cara mengetahui kehamilan disini klik.

Share