Cara Menghilangkan Kotoran pada Boneka Berbulu

Cara Menghilangkan Kotoran pada Boneka Berbulu

Boneka adalah mainan dan sahabat bagi kebanyakan wanita. Hampir setiap orang pasti memiliki boneka di rumahnya, terutama bagi anda yang memiliki anak perempuan. Akan tetapi boneka rawan menyerap kotoran seperti debu terutama jika anak anda sering membawanya kemana mana, terlebih boneka yang berbulu. Kotoran yang menempel pada boneka tersebut dapat membawa penyakit bagi anak sehingga sebaiknya harus selalu dijaga kebersihannya. Berikut tips cara menghilangkan kotoran pada boneka berbulu yang dapat anda coba.

1. Pastikan dulu tag yang terdapat pada boneka di rumah anda. Apakah ia boleh dicuci menggunakan mesin cuci, tangan atau hanya dengan dry cleaning saja. Jika tidak ada petunjuk cara mencuci boneka tersebut, anda bisa memperkirakan cara-cara untuk membersihkannya tanpa merusak bulu boneka.

2. Jika bulu di permukaan boneka tersebut mudah rontok jika di cuci, cara menghilangkan kotoran yang paling aman adalah dengan menggunakan lap basah. Cara ini juga bisa digunakan jika kotoran yang menempel tidak terlalu tebal dan mudah dihilangkan. Gunakan kain lembut dan basahi dengan air hangat. Usapkan perlahan searah pada bagian boneka yang kotor sampai kotoran tersebut terangkat. Gunakan steamer atau pengering untuk mengeringkan bagian boneka yang basah agar tidak lembab dan mengeluarkan bau tak sedap.

3. Jika anda lebih memilih cara mengatasi kotoran pada boneka dengan mesin cuci, maka anda membutuhkan kantong cuci atau laundry bag. Masukkan boneka tersebut ke dalam laundry bag agar bulunya tidak rontok saat di cuci. Ikat kuat agar boneka tidak keluar dari kantong.

Pilih kecepatan putaran yang rendah agar tidak merusak boneka. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih lalu di keringkan dengan cara di tekan-tekan menggunakan tangan. Jemur di tempat yang teduh sambil di angin-anginkan. Pastikan boneka sudah benar-benar kering sebelum di angkat karena bulu boneka yang lembab akan mengeluarkan bau tak enak.

4. Jika boneka yang anda miliki disarankan untuk dibersihkan dengan teknik dry cleaning dan anda takut melakukannya sendiri, sebaiknya bawalah boneka tersebut ke laundry terdekat yang mempunyai jasa dry cleaning. Sehingga kualitas bulu boneka anda tidak rusak dan anak dapat kembali bermain dengan boneka kesayangannya.

Share