Cara Menghilangkan Buram Pada Lampu Mobil

Cara Menghilangkan Buram Pada Lampu Mobil

Seiring berjalannya waktu, bagian-bagian mobil yang awalnya bersih dan mengkilap perlahan akan kehilangan warnanya. Begitu juga dengan lampu mobil. Terkadang kita menemukan kondisi dimana lampu depan mobil, lampu belakang bahkan lampu sen berwarna buram. Kondisi ini dapat mengurangi kualitas sorotan lampu mobil sehingga mempersulit pengendara saat menyetir di malam hari. Sebelum anda mengetahui cara menghilangkan buram pada lampu mobil tersebut, anda perlu mengetahui penyebab timbulnya keburaman tersebut.

Sebagian besar masalah mika lampu yang buram dikarenakan adanya air yang masuk ke bagian dalam mika sehingga mengakibatnya munculnya embun. Bisa jadi berupa air hujan maupun air saat mencuci mobil. Tak terlepas penyebab lain seperti penyumbatan lubang angin, ada debu yang masuk melalui celah kecil, terlalu sering terpapar sinar matahari ataupun murni faktor usia mika.

Lalu bagaimana cara mengatasi buram di lampu mobil tersebut ? Langkah yang paling tepat adalah mencopot mika lampu tersebut lalu membersihkan dan mencucinya. Jika anda takut mencopot mika seorang diri, anda bisa membawanya ke bengkel langganan anda. Hal ini untuk memaksimalkan tingkat kebersihan sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara menghilangkan buram yang selanjutnya adalah mengoleskan cairan pembersih khusus untuk mika lampu menggunakan lap lembut atau spons. Hal ini bertujuan agar bagian luar mika yang rusak dan menimbulkan warna buram akan terkelupas. Gosokkan dengan gerakan melingkar searah untuk hasil yang maksimal.

Jika anda ingin melakukan perawatan rutin tanpa harus membawanya ke bengkel, tidak apa-apa membersihkan mika lampu mobil tanpa mencopotnya terlebih dahulu. Namun tentu saja hasilnya tidak sebanding dengan pengerjaan bengkel. Selain cairan pembersih khusus, anda juga bisa mencoba menggunakan campuran antara pasta gigi dengan baking soda dengan perbandingan 3:1. Aduk campuran ini hingga merata, lalu oleskan pada bagian permukaan lampu yang buram. Gosok lembut dengan gerakan searah menggunakan kain lembut dan perlahan-lahan sampai warna buram tersebut perlahan mengelupas dan hilang.
Lakukan langkah tersebut berulang-ulang sampai seluruh bagian lampu mobil kembali mengkilap. Kemudian bilas permukaan lampu tersebut dengan air bersih lalu di keringkan menggunakan lap bersih.

Share