Bagaimana Cara Menghemat Watt Mesin Cuci?

Bagaimana Cara Menghemat Watt Mesin Cuci?

Listrik ialah sumber kehidupan yang diperlukan hingga nanti. Namun, karena pesatnya kemajuan jaman, sekarang ini listrik telah mengalami krisis. Efek dari krisis listrik ini tentu sering Anda rasakan, salah satunya dengan adanya pemadaman bergilir di berbagai tempat, salah satu penyebab utamanya ialah semakin banyaknya penduduk yang menggunakan listrik namun pasokan listrik tidak mengalami penambahan. Selain masalah utama tersebut ada juga masalah penunjang seperti semakin banyaknya peralatan yang menggunakan listrik seperti mesin cuci. Padahal watt mesin cuci tidak kecil.

Mesin cuci ialah alat yang mempermudah kita untuk mencuci berbagai pakaian yang kotor, bahkan alat ini sekarang sudah membantu banyak ibu rumah tangga, dikarenakan saat menggunakan mesin cuci, kita dapat melakukan berbagai macam pekerjaan yang lain. Jika Anda akan membeli mesin cuci, lebih baik Anda melakukan pemilihan mesin cuci dengan selektif, bukan hanya kualitas dan harga yang harus Anda perhatikan, melainkan watt pada mesin cuci. Dengan lebih memilih mesin cuci yang memiliki daya rendah, ini akan membantu untuk mengurangi beban listrik yang semakin lama mengalami krisis.

Memilih mesin cuci yang memiliki watt rendah tentu cara agar Anda dapat menghemat penggunaan listrik. Banyak ibu-ibu yang mengklaim bila menggunakan mesin cuci akan menyebabkan listrik boros. Sebenarnya menggunakan mesin cuci tidak akan boros jika Anda tepat dalam penggunaan serta tepat dalam memilih watt mesin. Selain itu, Anda pun juga harus memperhatikan penggunaan mesin cuci.

Berikut berbagai macam trik untuk menghemat watt mesin cuci, yakni:

  • Hindari menggunakan mesin cuci bersamaan dengan penggunaan mesin cuci yang lainnya. Usahakan Anda mempergunakan mesin saat alat elektronik yang lain mati. Daya yang lebih besar akan diserap jika Anda menggunakannya secara bersamaan,
  • Hindari menggunakan mesin cuci Anda melebihi kapasitas. Jika mesin Anda berkapasitas 7 kilogram, hindari menggunakannya hingga 8 kilogram. Hal ini akan menyebabkan mesin Anda mengalami pemborosan karena semakin banyak energi yang harus ia keluarkan,
  • Gunakan fasilitas mesin pengering hanya ketika butuh. Mesin pengering dapat menyebabkan keborosan penggunaan listrik.
Share