Asyiknya Berkebun di Teaching Farm Sadifa IPB

Asyiknya Berkebun di Teaching Farm Sadifa IPB

Salah satu hobi di luar ruangan yang menyehatkan dan membawa banyak manfaat adalah berkebun. Selain membuat rileks, berkebun itu bisa menjadi tempat yang sangat cocok bagi anak untuk mulai belajar mengenal alam sekitarnya. Tapi sayangnya, tak semua rumah bisa menjadi tempat yang cocok untuk berkebun, lantaran sempitnya ruangan yang ada. Buat Anda yang ingin merasakan bagaimana asyiknya berkebun itu, bisa mengunjungi teaching farm yang ada di IPB (Institut Pertanian Bogor), yaitu Teaching Farm Sadifa (Sarana Desiminasi Fakultas Pertanian IPB).

Sebelumnya, Anda perlu tahu dulu, apa sebenarnya guna dari berkebun itu sendiri? Ini dia:

• Lebih mengenali alam sekitar, terutama tentang iklim, tanah, dan juga tumbuhan yang Anda tanam, demi berhasilnya kegiatan ini.
• Menurunkan stres lantaran Anda bisa mengalihkan perhatian Anda dari kegiatan sehari-hari yang monoton.
• Berolahraga, lantaran ketika berkebun, Anda harus melakukan kegiatan yang cukup menuntut stamina fisik.
• Mendekatkan diri dengan alam sekitar yang memberikan Anda rasa kecintaan pada lingkungan.

Kegiatan untuk berkebun di Teaching Farm milik IPB ini sekaligus menjadi sarana agar hasil pertanian dan juga produk dari teknologi yang telah diteliti dan dilakukan oleh para dosen di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor ini bisa di diseminasi. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga Anda di Teaching Farm Sadifa:

• Bersama-sama dengan keluarga Anda, Anda bisa menanam berbagai macam tanaman, seperti cabe, bayam, kangkung, tomat, terong, jagung manis, dan lain-lainnya lagi.
• Rekreasi bersama-sama dengan keluarga melihat-lihat dan belajar segala macam tanaman pertanian di Teaching Farm yang memang dipromosikan sebagai media agroedutourism.
• Memanen buah dan tanaman yang sudah ditanam sebelumnya, dan bisa Anda bawa pulang.

Mengasyikkan, bukan? Apalagi pihak dari IPB (Institut Pertanian Bogor) juga berencana untuk menambah lagi komoditas tanaman yang ada di sana, seperti menambah buah semacam nanas dan pisang. Anda senang dan stres hilang, dapat hasil panenan yang ditanam dari kerja keras sendiri, dan kegiatan ini bisa mempromosikan Fakultas Pertanian dari IPB. Semua sama-sama untung!

Share