Apa Itu Makanan Sehat ?

Makanan Sehat

Makanan Sehat

Apa Itu Makanan Sehat ?

Apabila bicara soal kesehatan, tentu tidak akan lepas dari makanan bukan ? Konsumsi makanan yang sehat tidaklah lain merupakan rangkaian untuk menjaga kesehatan tubuh setiap saat. Lalu, apa sebetulnya makanan sehat itu ? Pengertian dari makanan yang sehat sendiri tidaklah lain ialah makanan yang mengandung nilai gizi seimbang serta banyak zat nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita demi menunjuang pertumbuhan secara optimal. Istilah makanan 4 sehat 5 sempurna tentu telah kita dengar sejak kecil bukan ? Yang mana ini menjadi acuan dalam mengatur pola makan sehat. Akan tetapi sekarang ini istilah 4 sehat 5 sempurna seolah mulai sedikit tak lagi didengar sebagai acuan pola makan yang sehat dan kini mulai diganti dengan bentuk piramida makanan sehat, dimana dijelaskan terkait aturan pola makan yang sehat.

Nah, mari kita mengenal satu per satu baris piramida makanan sehat tersebut :

  1. Baris Dasar

Baris dasar alias baris pertama adalah 8 gelas air putih. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari minimal 8 gelas, kita akan menerima banyak manfaat yang salah satunya adalah tidak kekurangan cairan. Dengan mengkonsumsi air putih juga kita dapat mengontrol kalori yang masuk kedalam tubuh.

  1. Baris Kedua

Baris kedua dalam piramida makanan sehat adalah karbohidrat. Karbohidrat adalah nutrisi penting sebagai sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Dengan konsumsio karbohidrat setiap hari secara seimbang, kita dapat menerima energi yang cukup untuk bisa beraktivitas dengan semangat. Sumber karbohidrat bisa dijumpai pada nasi, jagung, maupun umbi-umbian.

  1. Baris Ketiga

Pada baris ketiga makanan sehat yang dianjurkan adalah buah dan sayur yang menandakan bahwa kedudukan buah dan sayur memang sama-sama pentingnya. Rata-rata buah dan sayur adalah sumber vitamin, serat dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah dan sayur. Anjuran porsi makanan sendiri untuk buah-buahan adalah 2-3 porsi dan sayuran 3-5 porsi.

  1. Baris Keempat

Protein adalah kandungan gizi yang berada pada baris keempat di piramida makanan sehat. Protein menjadi sumber energi sekaligus juga berfungsi untuk pembentukan hormon, enzim serta bahan-bahan kimia di dalam tubuh. Protein juga penting untuk meregenerasi sel-sel mati yang ada di tubuh. Ada dua jenis protein, yakni nabati dan hewani. Protein nabati berasal dari tumbuhan seperti kacang kedelai, tempe, kacang-kacangan. Sedangkan protein hewani berasal hewan pula seperti daging sapi, ikan, telur, susu.

  1. Puncak

Serta untuk puncak piramida adalah kebutuhan kita sehari-hari seperti gula, garam dan juga minyak. Posisi dari gula, garam dan minyak ini memang cukup kecil dan penyajiannya disarankan seperlunya saja sebagai pelengkap makananan sehari-hari.

Baca juga: Resep Semur Ayam Lezat untuk Menu Masakan Hari Ini

Share