6 Ciri Hamil Ini Kadang Sering Tidak Diperhatikan

6 Ciri Hamil Ini Kadang Sering Tidak Diperhatikan

Apa yang Anda bayangkan ketika ditanyakan apa saja ciri hamil yang dialami oleh sang calon ibu? Mual-mual dan muntah adalah hal pertama yang biasanya orang tahu tentang tanda-tanda kehamilan. Selanjutnya adalah terlambat datang bulan. Hal yang terakhir ini yang biasanya membuat banyak wanita kadang suka keliru dalam menyimpulkan kondisinya. Padahal, seringkali terlambat haid bisa karena stress, lelah, maupun karena sedang sakit.

Uniknya, meski mual dan muntah-muntah jadi ciri kehamilan utama, banyak tanda-tanda lain yang kadang suka luput untuk disadari. Bahkan oleh wanita yang mengalaminya sekalipun. Tanda-tanda ini biasanya datang dalam waktu yang hampir bersamaan, meski jarang yang terjadi sekaligus. Mungkin karena sebagian dari tanda kehamilan tersebut secara sekilas tak terlihat seperti ciri-ciri hamil yang pasti.

Apa saja tanda-tanda kehamilan yang biasanya suka dilewatkan oleh orang lain maupun wanita yang mengalaminya sendiri? Ini dia:

Napas pendek

Ibu yang hamil perlu ekstra tenaga untuk kegiatan yang biasanya bisa dilakukan dan dengan mudah jadi terengah-engah. Ini karena janin yang tumbuh perlu ekstra oksigen dan mengambil jatah Anda.

Sering lelah

Kelelahan sangat mudah terjadi karena hormon yang semakin meningkat. Ini terutama terjadi di trimester awal.

Indra penciuman yang sensitif

Karena hormon yang berubah pula, indra penciuman wanita jadi bertambah sensitif, membuatnya mudah merasa mual.

Sakit kepala

Ini juga sering terjadi di awal masa kehamilan. Lagi-lagi karena hormon yang berubah cukup drastis.

Sering sembelit dan terasa kembung

Hormon progesteron semakin naik, membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Akibatnya, ibu hamil sering sembelit dan merasa kembung.

Mood naik turun

Mood wanita hamil berubah dengan sangat mudah. Bisa saja tadinya tertawa bahagia, kemudian menangis dalam hitungan jam.

Coba perhatikan keenam ciri hamil di atas. Apakah Anda atau pasangan Anda mengalami banyak tanda-tanda tersebut? Jika ini terjadi, maka besar kemungkinan Anda atau pasangan memang sedang hamil. Cobalah lakukan tes kehamilan dan periksa ke dokter kandungan. Kalau sudah pasti, segera siapkan diri dengan memakan makanan bergizi, minum susu Lactamil khusus ibu hamil, dan istirahatlah secara teratur.

Share