2 Jenis Ternak Ikan yang Menguntungkan di Indonesia

Usaha budi daya ikan merupakan salah satu usaha yang banyak dijadikan sebagai pilihan oleh beberapa kalangan. Saat ini usaha peternakan Indonesia dalam sebuah budi daya tersebut semakin meningkat lebih baik. Ada banyak jenis ikan yang bisa anda jadikan sebagai rekomendasi khususnya bagi anda yang saat ini tengah membutuhkan referensi seputar usaha ternak terbaik dan menguntungkan. Bagi anda yang menginginkan sebuah referensi untuk memilih usaha ternak ikan menguntungkan, berikut ini akan saya paparkan 2 jenis usaha ternak ikan yang bisa anda jadikan sebagai referensi dan rekomendasi.

1 . Ikan Gurame

Ikan jenis Gurame ini merupakan jenis ikan yang populer dari dulu hingga saat ini. Bahkan jenis ikan yang satu ini kerap dijadikan sebagai menu utama di berbagai restoran di Indonesia. Ikan ini memiliki keunggulan dagingnya yang empuk sehingga sangat sangat enak untuk disajikan dengan berbagai kreasi menu pilihan. Ternak yang satu ini pun bisa dijadikan sebuah usaha peternakan Indonesia yang tergolong pada jenis usaha rumahan karena tidak memerlukan suatu kolam yang khusus karena perawatannya terbilang mudah. Bagi para calon peternak, anda bisa membeli telur ikan yang siap menetas untuk anda taburkan ke kolam.

2 . Budidaya Ikan Pating

Di negara kita saat ini ada hampir 14 spesies ikan patin yang telah dibudidayakan oleh para peternak di berbagai tempat. Meskipun jenis ikan ini sudah banyak diternakan di Indonesia, akan tetapi jenis ikan patin yang memiliki daya jual bagus adalah jenis ikan patin dari Thailand. Saat ini ada banyak peternak yang menyediakan bibit ikan tersebut untuk anda budidayakan sendiri di tempat yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Kedua jenis ikan di atas merupakan jenis ikan yang paling banyak diminati oleh banyak orang karena memiliki daging yang sangat empuk dan mudah untuk dikreasikan pada berbagai jenis menu masakan. Semoga artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi dan informasi yang bermanfaat khususnya bagi anda yang kini tengah berencana untuk beternak ikan di tempat anda.

Share